Pemkot Kediri Berlakukan Vaksinasi Drive Thru, Sasar Ojek Online

Vaksinasi drive thru bagi pengemudi ojek online/RMOLJatim
Vaksinasi drive thru bagi pengemudi ojek online/RMOLJatim

Pemerintah Kota Kediri melakukan terobosan baru untuk memberikan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Dinilai lebih cepat, efektif dan efisien, vaksinasi dilakukan secara drive thru di halaman Balai Kota Kediri. 


"Ini adalah upaya akselarasi atau percepatan pencapaian vaksinasi untuk kota Kediri. Kita tahu masyarakat tidak punya banyak waktu jadi drive thru bisa mempersingkat pelaksanaan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, dr.Fauzan Adima M.Kes kepada Kantor Berita RMOLJatim, Senin (5/3). 

Bakal digelar selama tiga hari, hari pertama pelaksanaan vaksinasi drive thru menargetkan para pengemudi ojek online yang biasa beroperasi di wilayah Kota Kediri. Baik itu ojek sepeda motor ataupun mobil (taksi online). 

"Vaksinasi drive thru dengan sasaran hari pertama ojek online 150 orang, kemudian besok 130 orang lansia, dan hari Rabunya sekitar 200 tokoh agama untuk suntikan kedua, juga drive thru," tuturnya.  

Proses vaksinasi sendiri dibagi dalam empat tahapan seperti biasa. Yang membedakan, pada vaksinasi drive thru tiap meja berjarak cukup jauh. Dan meja penyuntikan berada di pintu depan balai kota. 

"Meja pertama pendaftaran, Ini sudah online dengan data sebelumnya jadi lebih cepat. Kedua screening tensi dan riwayat kesehatan, meja ketiga penyuntikan kemudian meja keempat observasi. Sama seperti pedoman vaksinasi secara umum," tambahnya. 

Fauzan Adima menuturkan, ke depan jika setelah evaluasi pelaksanaan vaksinasi drive thru benar terbukti lebih efisien dan efektif, tidak menutup kemungkinan akan diperbanyak vaksinasi drive thru. 

"Mungkin ke depan kita akan memperbanyak drive thru, kalau tidak tetap seperti biasa di rumah sakit dan puskesmas," tutupnya.