Lebaran 2024, Bandara Dhoho Kediri Layani 1.155 Penumpang

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat meninjau Bandara Dhoho/Isy
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat meninjau Bandara Dhoho/Isy

Meski baru beroperasi, Bandara Dhoho Kediri mendapat animo cukup bagus. Tercatat, jumlah pergerakan penumpang sebanyak 1.155 penumpang dan delapan kali pergerakan pesawat selama libur Lebaran Idul Fitri 2024.


Total penumpang itu disampaikan oleh General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Dhoho Kediri I Nyoman Noer Rohim 

"Jumlah penumpang hingga hari Selasa 16 April 2024 tercatat 1.155 penumpang. Rincian penumpang berangkat sejumlah 513 orang dan penumpang datang sebanyak 642 orang," kata Nyoman dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

AP1 berkomitmen memberikan fasilitas dan personel bandara yang siap melayani secara optimal sehingga pengguna jasa mendapatkan rasa nyaman, aman, dan berkesan menggunakan jasa angkutan udara.

Selain itu, ia juga mengapresiasi kepada seluruh pemangku kebijakan terkait sehingga Bandara Dhoho Kediri dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kediri pada khususnya dan masyarakat Jawa Timur pada umumnya.

Bandara Dhoho Kediri resmi beroperasi sejak Jumat (5/4) lalu dengan penerbangan perdana yakni maskapai Citilink dari Jakarta-Kediri dan sebaliknya.

Khusus pada 5 April 2024 merupakan inaugural flight atau penerbangan perdana, selanjutnya Citilink rute Jakarta-Kediri akan beroperasi secara regular dua kali dalam satu pekan yaitu setiap Selasa dan Sabtu.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan,  dengan beroperasinya bandara itu, juga memiliki arti yang strategis bagi perekonomian dan pengembangan pariwisata di kawasan Kediri Raya dan sekitarnya, seperti Nganjuk, Tulungagung, Blitar, hingga Jombang dan daerah lain.

"Kami berharap dengan beroperasinya Bandara Dhoho dapat memacu pengembangan ekonomi lokal, pemasaran produk-produk unggulan daerah Kediri Raya, khususnya Kabupaten Kediri," ujarnya.

Bandara Dhoho Kediri ini dioperasikan oleh AP1 sejak 29 Maret 2023 berdasarkan Kerja Sama Operasi (KSO) antara AP1 dengan PT Surya Dhoho Investama (PT SDHI).

Bandara Dhoho Kediri ini merupakan bandara modern yang dilengkapi dengan infrastruktur penunjang seperti landasan dengan dimensi 3.300 meter x 45 meter yang mampu melayani pesawat berbadan besar (wide body) Boeing 777-300ER.