Haflah Akhirussannah Ar Risalah Ponpes Darul Ulum, KH Rohmatul Akbar: Ilmu Bermanfaat Itu Yang Mendekatkan Diri Pada Allah SWT

KH Rohmatul Akbar Rifai/RMOLJatim
KH Rohmatul Akbar Rifai/RMOLJatim

Akhiri masa bermukim menuntut ilmu di Asrama Ar Risalah Pondok Peesantren Darul Ulum, para santri menggelar Haflah Akhirussanah Angkatan 5 Ribath Asrama Ar Risalah Pondok Pesantren Darul Ulum, 2020 - 2021, Sabtu (10/4).


Pelaksanaan itu dimulai dengan mengucap ikrar santri Indonesia yang dipimpin Farid Wahyu Septiyan asal Tuban diikuti ratusan santri yang bermukim di Asrama Ar Risalah Ponpes Darul Ulum. Kegiatan berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Perwakilan wali santri Asrama Ar Risalah Ponpes Darul Ulum, Syuaib menyampaikan rasa syukur atas segala rahmat dan hidayah untuk terus bersilaturahmi. Dan rasa terima kasih dihaturkan dari seluruh wali santri yang bermukim di Asrama Ar Risalah.

"Alhamdulillah, Ar Risalah telah dipercaya masyarakat yang memberikan ketenagan yang memberikan bekal terhadap santri-santriwati. Ar Risalah sangat nyaman, dan atas bimbingan Kiai Rohmatul yang begitu sabar," tutur Syuaib wali santri asal Madura.

Syuaib menyebut, Ar Risalah Ponpes Darul Ulum sangat bisa membangun pendidikan karakter santri. Sehingga para santri yang sudah lulus ini sangat mandiri dan diharapkan menjadi manfaat di tengah masyarakat.

Pengasuh Asrama Ar Risalah, KH Rohmatul Akbar Rifai, mengatakan pihaknya berterima kasih atas kepercayaan wali santri selama menitipkan anak didik untuk bermukim menuntut ilmu di Ponpes Darul Ulum.

Dituturkan Kiai Rohmatul Akbar, diceritakan oleh Ibnu Atholillah, ilmu yang bermanfaat itu yang mendekatkan dirimu kepada Allah SWT. Imam As-Syafi'i berkata, tiada ibadah yang lebih utama setelah shalat wajib daripada menuntut ilmu.

Gus Bang, panggilan akrab Pengasuh Ar Risalah Ponpes Darul Ulum ini berpesan terhadap semua santri untuk selalu menjaga sholat lima waktu. Barang siapa yang bisa memperbaiki perkara akhirat, maka Allah akan mempermudah segala urusan dan juga kemuliaan.

"Kalau ingin sukses dunia dan akhirat, berbaktilah pada orang tua, Ini sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW. Dan teruslah menuntut ilmu, dan juga amalkan ilmu, jaga Akhlak di masyarakat," pungkasnya.