Bupati Mundjidah Apresiasi Petani Organik Desa Banjarsari Berkolaborasi Dengan Unwaha dan Baznas Wujudkan Desa Berdaya

Bupati Mundjidah panen padi di Desa Banjarsari/Ist
Bupati Mundjidah panen padi di Desa Banjarsari/Ist

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengapresiasi positif langkah sinergi yang diambil Kepala Desa Banjarsari, Kecamatan Bandarkedungmulyo, dalam meningkatkan pertanian desa yang berkolaborasi dengan Universitas Wahab Chasbulloh (Unwaha) dan Baznas Kabupaten Jombang, Kamis (6/5).


"Langkah pengembangan pertanian organik ini sangat bagus. Dengan menggandeng Unwaha untuk membuat pupuk organik micoriza, serta Baznas," kata Bupati Mundjidah usai panen Raya Demplot Padi (Beras Sehat) dan Launching Pupuk Organik Micoriza dan Kompos Pengusir Tikus Produksi Gapoktan di Desa Banjarsari seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (05/5) kemarin.

Dijelaskan Bupati Mundjidah, dalam program ini pupuk organik adalah hasil kreasi para mahasiswa Unwaha berbasis produk lokal, serta Baznas Kabupaten Jombang yang menjadi pembeli utama berasnya. Baznas Kabupaten Jombang setiap bulan setidaknya membutuhkan beras sekitar 15 ton untuk diberikan kepada Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Tahfidz.

"Sehingga tidak hanya mempersiapkan pertanian, namun siap membeli dari para petani. Pangsa pasar padi organik juga lebih besar dan menggiurkan. Padi organik bisa masuk ke super market dan mini market," tambah Bupati.

Bupati Mundjidah membeberkan jika peminat padi organik semakin lama juga semakin besar. Padi organik lebih sehat, masyarakat yang peduli kesehatan saat ini memilih padi organik. Meskipun harganya lebih mahal, dari produktifitas itu membuat petani bisa memperoleh keuntungan lebih tinggi.

"Petani semakin sejahtera serta padi organik ini bisa menjadi unggulan Desa Berdaya," tegasnya.

Desa Berdaya merupakan program pemberdayaan dalam cakupan wilayah desa melalui pendekatan terintegrasi. Yaitu program pembinaan masyarakat, ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiapsiagaan bencana, dengan target tumbuh dan berkembangnya kelembagaan lokal yang berdaya.