Singkirkan 600 Pesaing, 75 Calon Paskibraka Kabupaten Jember Mulai Latihan

75 siswa saat mengikuti pembinaan calon Paskibraka Kabupaten Jember 2021/Ist
75 siswa saat mengikuti pembinaan calon Paskibraka Kabupaten Jember 2021/Ist

Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jember menyelengarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Jember. 


Diklat ini diikuti 75 siswa/siswi se Kabupaten Jember untuk memberi pembekalan supaya meeka bisa  menjalankan tugas serta dapat menanamkan nilai-nilai Kedisiplinan, nasionalisme dan patriotisme.

"Awalnya sebanyak 683 pendaftar online lolos Administrasi 479 Pendaftar, yang terpilih hanya 75 calon Paskibraka," ujar Plt. Kabid. Pemuda, Sri Kantono di kantor Diklat Badan Kepegawaian Daerah Kaliwates Jember, Rabu (16/6).

Dia menjelaskan ke 75 siswa ini terdiri dari 32 orang putri dan 43 orang putra yang berasal dari 36 SMA, SMK, dan MA se-Kabupaten Jember. Pendaftaran Calon seleksi calon Paskibraka ini dimulai pada tanggal 1-4 April 2021 lalu. 

Acara ini dibuka langsung oleh PLt Kadispora Kabupaten Jember, M. Yusuf, dihadiri oleh PPI (Purna Paskibraka Indonesia), PMI, Diskominfo, serta tamu undangan lainnya.

"75 personil di sini telah mengalahkan 683 pendaftar, anda harus ingat ribuan pendaftar menginginkan di sini. Maka dari itu kalian di sini hadir atas nama diri kalian sendiri. Semangat kalian, tapi juga banyak insan lain yang mendorong kalian," ucap M. Yusuf.

Acara Diklat Paskibraka ini akan berlangsung selama 4 hari, mulai Selasa-Jumat (15 - 18 Juni 2021). Tugas utama mereka adalah mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2021.