Positif Covid Melonjak, Kapolres Jember Akan Evaluasi Penggunaan Dana Desa

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin saat memberikan paparan melalui zoom metting/RMOLJatim
Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin saat memberikan paparan melalui zoom metting/RMOLJatim

Angka kasus positif Covid-19 di Jember terus mengalami peningkatan. Untuk itu, Kapolres Jember AKBP Arief Rachman berencana mengevaluasi penggunaan dana desa, yang 8 persennya diperuntukkan penanganan Covid-19.


"Rencana evaluasi ini, sesuai kesepakatan Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten, yang terdiri Bupati Jember (Ketua satgas), Kapolres Jember,  Dandim, Kajari dan DPRD Jember. Pekan kami tagih kepada Bapak Satgas Penanganan Covid-19 tingkat kecamatan dan desa," kata AKBP Arif Rachman Arifin, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (26/6).

Dia menjelaskan, Muspika, Pemerintah Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa akan diminta memberikan paparan kepada Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Jember terkait melonjaknya laju penyebaran Covid-19. Termasuk juga langkah-langkah yang akan dilakukan.

"Kami ingin  mengetahui tanggung jawab masing-masing sebagai petugas Satgas Penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing. Juga terhadap Kades, yang sudah menerima anggaran dana desa untuk penanganan covid 19. Kami ingin mengetahui sejauh mana alokasi pengeluaran dana untuk penanganan dana Covid 19 dan bagaimana penerapan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, sesuai petunjuk dan arahan masing-masing kementerian," terangnya.

Kapolres Jember juga menyampaikan, saat ini sejumlah rumah sakit di Jember, sudah hampir penuh. Karena dia mengingatkan petugas Terus mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan (Prokes) 5 M.

Diketahui, Sesuai data Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Jember, belum sampai sepekan, telah terjadi peningkatan kasus warga Jember terkonfirmasi positif Covid 19 hingga 100 persen. Senin (21/6) lalu tercatat ada 90 Kasus aktif covid 19, namun hingga Jumat (25/6), tercatat ada 180 kasus aktif covid 19. 

Hingga Jumat, (25/6), jumlah total masyarakat Jember terpapar Covid 19 sebanyak 7.324 orang,  6.642 diantaranya sembuh dan 502 orang meninggal dunia serta kasus aktif covid 19 sebanyak 180 orang.