Rajut Persatuan Atasi Covid-19, Jokowi Bisa Memulai Dengan Minta Maaf

Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution/Rep
Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution/Rep

Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution berharap Presiden Joko Widodo dapat merangkul semua elemen masyarakat untuk bersama-sama mengatasi pandemi Covid-19.


"Saya minta ke Pak Presiden untuk merajut persatuan dalam menghadapi Covid-19, rangkul seluruh elemen yang ada di masyarakat kita ini," ujar Syahrial saat menjadi narasumber dalam diskusi daring Tanya Jawab Cak Ulung bertajuk "PPKM Darurat dan Rekor Baru Covid-19", Kamis (8/7).

Namun, sebelum mengajak semua lapisan masyarakat, Jokowi baiknya meminta maaf atas lonjakan kasus Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan ini, lantaran langkah-langkah antisipatif yang sering disuarakan oleh berbagai kalangan cenderung tidak diindahkan.

"Mungkin dimulai dengan minta maaf atas banyaknya yang meninggal, ribuan akibat lonjakan Covid-19," kata Syahrial.

Dia menambahkan, kekhawatiran dari berbagai masyarakat termasuk Ketua Fraksi Partai Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas terkait Indonesia bisa menjadi bangsa gagal atau failed nation akibat tidak mampu menyelamatkan rakyat dari lonjakan kasus Covid-19, sedianya dijadikan pengingat.  

Selain Syahrial, turut hadir narasumber diskusi yang diselenggarakan Kantor Berita Politik RMOL itu yakni gurubesar FKM UI Prof. Hasbullah Thabrany, dan Direktur Eksekutif Next Policy Fithra Faisal H.