Penuhi Janjinya, Dewan Probolinggo Datangi Gudang Tembakau

Rombongan Komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo saat sidak ke Gudang tembakau/RMOLJatim
Rombongan Komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo saat sidak ke Gudang tembakau/RMOLJatim

Penuhi janjinya, Komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo mendatangi sejumlah Gudang Tembakau di Kabupaten Probolinggo. Mereka mendatangi, mempertanyakan kapan bukanya Gudang. Sebab, banyak petani tembakau yang kebingungan, lantaran sebagian petani sudah panen tembakau.


Gudang Tembakau yang didatangi oleh Komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo ini, diantarnya Gudang Garam dan Gudang Jarum serta Gudang Kanaya.

Sidak itu dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo, Sugito.

Sektretaris Komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo, Reno Handoyo mengatakan,  kalau Gudang tembakau yang dia datangi akan buka pada Agustus. Sebab, panen raya sendiri, masih di akhir Agustus dan awal September.

"Untuk Gudang Garam, buka setelah 17 Agustus. Sekaligus, ada tasyakuran pembukaan gudang," jelas Reno kepada Kantor Berita RMOL, Kamis (29/7).

Menurutnya, untuk Gudang Garam sendiri, ditahun 2021 akan mengambil tembakau sebanyak 3 ribu ton. Sedangkan Gudang Jarum 2 Ribu ton.

"Untuk Gudang Kanaya ini hanya mengambil 5 ratus ton tembakau dan selain itu ada Gudang tembakau juga yang mengambil 8 ratusan ton," tegasnya.

Reno juga mengaku, kalau awal September ada patokan harga tembakau. Namun, dia berharap agar Gudang membeli harga tembakau dengan harga yang memuaskan petani.

"Harga tembakau supaya bisa lebih tinggi dari tahun 2020. Karena, menanam tembakau ini membutuhkan modal dan tenaga yang ekstra," paparnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo, Sugito menyebutkan, agar gudang tembakau mengambil semua tembakau milik Petani Kabupaten Probolinggo.

"Biar para petani tembakau yang ada di 9 kecamatan ini tidak kebingungan untuk menjual hasil penennya," sebut dia.

Sembilan kecamatan yang di sebut Politisi Partai NasDem ini seperti, Kecamatan Krejengan, Besuk, Pakuniran, Paiton, Kotaanyar, Kraksaan, Gading dan Maron serta Pajarakan.