Sesama Pendukung Akur, Duet Anies-AHY Jadi Harapan Rakyat 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menerima kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di kantor Gubernur DKI Jakarta/Net
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menerima kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di kantor Gubernur DKI Jakarta/Net

Dibandingkan duet dengan Puan Maharani, basis pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) justru paling akur dan tidak pernah memiliki konflik. Karenanya, keduanya justru layak untuk diduetkan di Pilpres 2024.


“Pendukung Anies dapat menerima AHY, sementara pendukung AHY sangat menerima Anies,” kata pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (11/8).

Lanjut Jamiluddin, jikalau Anies berpasangan dengan AHY, maka hampir dipastikan elektabilitas duet ini berpeluang akan meningkat setidaknya hal itu sudah ditunjukkan oleh hasil survei terakhir yang menunjukkan elektabilitas Anies - AHY paling tinggi dibandingkan duet lainnya.

“Elektabilitas Anies-AHY diperkirakan akan terus meningkat bila duet ini tidak melakukan kesalahan fatal hingga 2024,” imbuhnya.

Jamiluddin menambahkan, sudah saatnya partai lain mengelus dan menjaga duet Anies-AHY agar tidak terjerumus pada hal-hal yang fatal.

Hal ini, menurut Jamil menjadi tugas Partai Demokrat, PKS, Nasdem, PPP, dan PAN, kiranyanya dapat menjaga duet tersebut dan mengusungnya pada Pilpres 2024.

“Duet ini tampaknya menjadi harapan rakyat yang kecewa terhadap Jokowi dan Prabowo,” demikian Jamiluddin Ritonga.