Temukan Pengaspalan Jalan Jelek, Bupati Jember Minta Camat Dan Kades Turut Mengawasi Proyek Pemkab

Bupati Jember Hendy Siswanto saat mengecek pengaspalan/RMOLJatim
Bupati Jember Hendy Siswanto saat mengecek pengaspalan/RMOLJatim

Disela kunjungannya ke sejumlah desa di Kecamatan Gumukmas, Bupati Jember, Hendy Siswanto mendapati pengaspalan jalan yang tidak sesuai spesifikasi, seperti di jalan Desa Tembokrejo, Kecamatan Gumukmas.


Bupati Hendy, langsung "menguji" kualitas jalan yang baru di aspal itu melalui teknik menggosok-gosokkan alasa kaki ke aspal baru.

"Kapan Proyek Pengaspalan ini selesai," tanya Bupati Hendy kepada warga, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (4/9).

"Baru selesai Senin (30/9) kemarin pak," jawab warga yang ikut mendampingi Bupati Hendy.

Sejurus kemudian, Bupati Hendy menelpon dan meminta Plt Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Jember Rahmananda untuk mengingatkan rekanan agar segera memperbaiki proyek tersebut.

"Pak Rahman ini di Jalan baru di aspal kok elek, Jelek pak. Jelek banget pak. Ini aspalnya kurang nih, sampeyan cek lagi ya. Juga pinggirannya kurang bagus, kalau seperti ini, satu bulan sudah hancur," kata Bupati Hendy.

Untuk itu, Bupati Hendy meminta Plt Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air, untuk tidak membayar proyek tersebut sebelum dilakukan perbaiakan sebagaiamana RAB (Rencana Anggaran Belanja).

Sesuai papan nama, pemenang proyek tersebut adalah CV Sumber Barokah Jaya dengan nilai proyek Rp 193 juta.  Batas waktu pengerjaannya, 28 September 2021.

Bupati Hendy juga meminta camat dan kepala desa untuk turut mengawasi dan segera melapor jika ada proyek Pemkab yang diduga tidak sesuai spesifikasi. Dengan demikian, proyek  bisa segera langsung ditindaklanjuti oleh Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air.

Menyusul temuan Bupati itu, Plt Kepala Dinas PU Bina Marga Dan Sumber Daya Air, Rahmananda, Langsung melakukan pengecekan, Sabtu (4/9).