Wagub Emil Kunjungi Desa Ujung Timur Jember, Dorong Pemuda Melenial Bertani

Wagub Emil S. Dardak bersama Saat meninjau produk kopi unggulan/RMOLJatim
Wagub Emil S. Dardak bersama Saat meninjau produk kopi unggulan/RMOLJatim

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak, berkunjung ke Desa Sidomulyo Kecamatan Silo, untuk mendorong petani muda  melenial untuk bertani kopi. 


Dia meninjau penanaman kopi di kawasan hutan lindung Wilayah jerukan Wilayah RPH Sumber Jati, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Sabtu (2/10). 

Dalam kesempatan tersebut, Wagub mendorong generasi muda melenial Desa Sidomulyo untuk menjadi petani kopi yang handal. Sehingga bisa meningkatkan produktivitas kopi paska panen dan berkontribusi pada stok stok pangan.

"Generasi melenial harus bangga menjadi petani, Selain itu harus terus berkarya," kata Wabub Emil Dardak di hadapan petani kopi sebagaimana dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Usai memberikan pengarahan, dia juga menyampaikan bantuan bibit kopi Arabica yang langsung ditindaklanjuti dengan penanaman kopi oleh petani muda melenial di kawasan Desa Sumber jati.  

Bahkan Wagub didampingi Kapolsek Sempolan, AKP Suhartanto, dan Asisten 1 Pemkab Jember, H. Imam Syafi'i, juga ikut terjun ke lokasi penanaman di kawasan hutan lindung. 

Sementara Salah seorang petani warga Sidomulyo, Ahmad Jailani  menyambut baik kedatangan  kedatangan Wagub. Dia menjelaskan sebetulnya Agenda Wagub turun ke Jember, bulan Maret lalu, namun gagal, karena Covid 19.  

"Alhamdulillah, baru hari ini, beliau bisa datang ke desanya," katanya. 

Setelah memberi semangat, Wagub berbaur dengan petani kopi dan ikut menanam kopi Arabica. Di kawasan hutan tersebut petani melenial ini menggarap seluas 18 hektar lahan untuk Kopi Arabika. 

"Oleh Wagub Kaum melenial didorong menanam Kopi Arabica, karena pasarnya lebih bagus," kata Jailani. 

Usai bertemu kaum melenial, Wagub meninjau produk unggulan Koperasi Buah Ketah Kasih Desa Sidomulyo, produk kopi khas desa Sidomulyo.