Sido Muncul Segera Bangun Museum Jamu

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat/net
Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat/net

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk siap merealisaikan pembangunan proyek Gedung Museum Jamu dan Research Center (pusat penelitian).


Hal tersebut disampaikan Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/10).

Menurut Irwan, anggaran pembangunan Museum Jamu dan Pusat Penelitian ini mencapai Rp 350 milyar dan akan dimulai 11  November 2021.

"Pembangunan fisik museum dan research center akan direalisasikan pada 11-11-2021 itu bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Sido Muncul ke-70,” ujar Irwan Hidayat, dilansir dari Kantor Berita RMOLJateng.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, Museum Jamu yang dibangun itu berlokasi di Jalan Soekarno Hatta KM 25 Bergas, Ungaran Kabupaten Semarang. 

"Selain Museum Jamu, lokasi itu juga akan dilengkapi dengan laboratorium pengembangan tanaman obat, buah, kebun binatang dengan koleksi hewan langka, taman bermain anak-anak, tempat belanja dan tempat makan/minum," tambah Irwan.

Nantinya lanjut Irwan, di dalam museum itu akan memajang informasi seputar sejarah Sido Muncul, proses pembuatan jamu hingga perkembangannya. Sedangkan research center akan berfungsi untuk mempelajari berbagai hal mengenai tanaman obat dan buah.

"Pada risetnya dimulai dengan proses pembibitan, karena yang paling penting adalah bibitnya. Melalui research center itu pula Sido Muncul membuka ruang kerja sama dengan berbagai universitas di Indonesia yang akan melakukan penelitian," tandas Irwan.

Dalam research center tambah Irwan, pihaknya akan berkolaborasi bersama seluruh universitas di Indonesia. 

"Kami melihat banyak mahasiswa yang hebat-hebat, pintar-pintar dan ilmu sekolahnya tinggi, tetapi fasilitasnya kurang,” tutur Irwan.

Irwan menuturkan dengan terwujudnya pembangunan Museum Jamu Sido Muncul,  kedepan diharapkan dapat menjadi salah satu destinasti wisata baru sebagai tempat tujuan wisata Jawa Tengah.

"Karena museum jamu ini dibuka untuk umum sebagai tempat wisata dengan lokasi tidak jauh dari Kota Semarang," pungkas Irwan Hidayat.


ikuti update rmoljatim di google news