Ujicoba Re-opening Kawasan SLG Untuk PKL, Upaya Hidupkan Ekonomi Masyarakat

Situasi Kawasan Simpang Lima Gumul/RMOLJatim
Situasi Kawasan Simpang Lima Gumul/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten Kediri mulai akhir pekan lalu telah melakukan ujicoba pembukaan kawasan Simpang Lima Gumul untuk PKL.


Untuk diketahui, hanya kawasan jalan sekitar Simpang Lima Gumul yang dibuka, sementara untuk Monumen Simpang Lima Gumul dan sejumlah taman di sekitarnya masih ditutup.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan ujicoba tersebut sudah melewati diskusi dengan sejumlah pihak, terkait dengan teknis pelaksanaan. Uji coba ini dilakukan hanya untuk hari sabtu dan minggu mulai jam 7 pagi sampai 8 malam. 

"Setelah melalui diskusi yang cukup panjang dengan sejumlah pihak, maka kami melakukan uji coba pembukaan kawasan simpang lima gumul, terutama untuk para PKL, agar ada perputaran ekonomi," kata Bupati kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Jumat (29/10). 

Bupati menambahkan ujicoba dibukanya kawasan SLG untuk PKL sendiri merupakan salah satu usaha Pemerintah Kabupaten Kediri untuk menghidupkan kembali perekonomian masyarakat di bawah. 

Bupati menegaskan, nantinya jajaran Forkompimda akan memantau langsung penerapan protokol kesehatan yang ada di lapangan. 

Apakah penggunaan masker dan aturan protokol kesehatan lainnya dilakukan atau tidak. Saat ini, fokusnya adalah bukan soal orang datang kemudian membeli makan dan sebagainya tapi pada penegakan protokol kesehatannya.