Klasemen Premier League, Liverpool Tergeser dari Posisi 3 Besar

Gol sundulan Kurt Zouma memastikan kemenangan West Ham atas Liverpool di London Stadium/Net
Gol sundulan Kurt Zouma memastikan kemenangan West Ham atas Liverpool di London Stadium/Net

Ambisi besar West Ham United untuk memberi kekalahan pertama bagi Liverpool terwujud di London Stadium, Senin dinihari (8/11). Tak hanya itu, West Ham juga sukses menggeser posisi The Reds dari 3 besar klasemen sementara Premier League.


Tanda-tanda kekalahan Liverpool sudah terlihat saat laga baru berjalan 4 menit. Sebuah tendangan sudut yang dimiliki tuan rumah gagal diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Liverpool Alisson Becker. Membuat bola memantul masuk ke dalam gawangnya sendiri.

Usai gol ini, skuat West Ham terlihat lebih hati-hati. Bahkan cenderung lebih fokus bertahan, sehingga Liverpool cukup kesulitan menembus pertahanan ketat The Hammers.

Hingga akhirnya, sebuah pelanggaran di dekat kotak penalti West Ham jelang akhir babak pertama berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Trent Alexander-Arnold. Tendangan bebas fullback kanan Timnas Inggris itu menggoyang jala gawang West Ham.

Situasi ini membuat babak kedua berlangsung lebih menarik. West Ham pun kembali bermain lebih terbuka. Jual beli serangan lebih banyak terjadi sepanjang 45 menit yang kedua ini.

Akan tetapi, lini tengah Liverpool yang tidak sesolid biasanya membuat West Ham mampu kembali unggul. Sebuah serangan balik The Hammers pun berujung dengan gol Pablo Fornals pada menit 67.

Petaka bagi The Reds pun tiba sekitar 7 menit kemudian. Lagi-lagi, West Ham sukses menjebol gawang Alisson melalui tendangan sudut. Kurt Zouma yang tidak terkawal dengan mudah menyundul bola untuk membawa tuan rumah unggul 3-1.

Memasuki menit-menit akhir, Liverpool mampu memperkecil ketinggalan menjadi 3-2 melalui sepakan kaki kiri Divock Origi. Bahkan, andai saja sundulan Sadio Mane tak melenceng, Liverpool bisa memaksakan hasil imbang di kandang West Ham.

Liverpool pun tak hanya mengalami kekalahan pertama mereka musim ini. Pasukan Jurgen Klopp juga harus rela posisi mereka digeser oleh tim yang menaklukkan mereka malam ini. Liverpool kini menduduki peringkat 4, sementara West Ham yang berada di peringkat 3 dengan keunggulan 1 poin.

West Ham United 3-2 Liverpool

(Alisson 4'-og, Pablo Fornals 67', Kurt Zouma 74' - Trent Alexander-Arnold 41'

Divock Origi 83')