Elektabilitas Naik, Anwar Sadad Berpotensi Jadi Calon Gubernur Jatim

Anwar Sadad/RMOLJatim
Anwar Sadad/RMOLJatim

Anwar Sadad, memiliki potensi untuk menjadi Calon Gubernur Jawa Timur dalam Pilgub 2024 mendatang. Sebab, elektabilitas Anwar Sadad setelah memimpin Gerindra Jawa Timur bergerak begitu cepat. 


"Kalau ngomong soal Pak Anwar Sadad, saya rasa untuk di posisi di Gubernur (Jatim) mungkin agak ketat ya. Tapi dia mempunyai modal yang luar biasa di Jawa Timur ini," jelas pengamat FISIP UIN, Dr Abdul Chalik, pada Kantor Berita RMOL Jatim, Rabu (17/11).

Menurutnya, modal yang dimiliki oleh Anwar Sadad tersebut, karen Anwar Sadad sendiri merupakan santri dan sekaligus keluarga besar dari Ponpes Sidogiri Pasuruan.

"Yang pertama Gus Sadad ini ya santri yang sekaligus pimpinan partai politik (Gerindra) Jatim," tegasnya.

Apalagi Anwar Sadad ini, inten berkomunikasi dengan pemerintah utamanya Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

"Saya mengingat, Gerindra ini membutuhkan satu partai politik untuk berkoalisi (Pilgub Jatim) agar bisa mengusung sendiri," ungkap dia.

Dr Abdul Chalik menjelaskan, Gerindra harus bisa berkoalisi dengan partai yang religius di Jawa Timur. Mengingat, Jawa Timur merupakan basis santri.

"Misalnya Gerindra berkoalisi dengan PKB. Karena PKB selalu gagal dalam perhelatan Pilgub Jatim. Nah, mungkin itu yang harus dilakukan ya," ungkap dia.

Tapi lanjutnya, apakah PKB ini mau untuk dijadikan wakilnya dalam Pilgub 2024 mendatang ini.

"Nah ini yang harus dipikirkan untuk Gus Sadad ini, apakah PKB mau? Gus Sadad ini luar biasa. Kalau partai nasionalis dan religi bersatu akan masuk dalam perahu yang sama," pungkasnya.