Penganugerahan LID Bondowoso, Wabup Minta OPD Ngopi

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Lomba Inovasi Daerah (LID) Bondowoso menganugerahi 5 instansi yang berhasil berinovasi di tahun 2021.


Lima instansi tersebut antara lain Dinsos Bondowoso, Kecamatan Sukosari, SDN Sumberanyar 1, Bapenda dan terakhir DPMPTSP Disnaker Bondowoso.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat menegaskan penganugerahan penghargaan lomba inovasi daerah ini merupakan salah satu apresiasi yang diberikan pemerintah kepada inovator-inovator daerah 

" Saya menyambut baik terlaksananya acara ini. Sebab dengan acara ini kita berharap dapat menumbuhkan inovator-inovator baru yang kreatif dan mampu memecahkan persoalan yang ada di masyarakat," katanya saat pemaparan Penganugerahaan Lomba Inovasi Daerah, di Ruang Sabha Bina Praja 2, Senin (13/12).

Irwan berharap agar inovasi-inovasi yang diciptakan tersebut dapat bermanfaat dan diketahui oleh masyarakat bahwa terdapat inovasi di daerah yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

" Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa informasi adalah jendela dunia informasi bisa bermakna apabila informasi ini dapat diketahui dan dirasakan oleh masyarakat. Maka perlu institusi yang membuka jembatan informasi khususnya terkait dengan inovasi daerah," lanjutnya. 

" Mereka yang juara harus ngobrol perihal inovasi (ngopi) dengan instansi lain, agar bisa ditularkan inovasinya," sambungnya.

Kepada para kepala perangkat daerah Irwan meminta agar selalu memacu dan memotivasi jajarannya untuk membangun inovasi yang dapat berkenaan dengan kepentingan masyarakat luas dan mempermudah birokrasi.

" Dan bersama-sama menjawab tantangan dan persoalan yang dihadapi di lingkungan Kabupaten Bondowoso," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bondowoso, Farida menambahkan, inovasi-inovasi yang dikembangkan harus kreatif, mudah diaplikasikan dan tentunya akan membantu pemerintah daerah untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi.

" Jadi inovasi itu akan direplikasi ke semua OPD untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Bondowoso," katanya.

Informasi dihimpun, sebelumnya terdapat 20 peserta yang berpartisipasi dalam LID 2021. Dari jumlah tersebut, beberapa kali dilakukan penyaringan hingga terpilih menjadi lima juara. Sebelumnya, mereka telah diperlombakan di tingkat provinsi dan nasional. 

Adapun daftar juara serta hasil inovasinya sebagai berikut, Juara 1 diraih oleh Dinas Sosial dengan inovasi SEKOPER PKH (Sekolah Perempuan Untuk Peningkatan Kualitas Hidup KPM PKH)

Juara 2 Kecamatan Sukosari menyabet dengan menciptakan inovasi Go Ojek Perizinan (GOZIN). 

Juara 3 direngkuh oleh UPTD Satuan Pendidikan Formal SDN Sumberanyar 1 dengan inovasinya Sistem Pendaftaran Siswa Baru (SIPEDASBONCABE).

Juara Harapan 1 diraih berturut-turut oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dengan Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah (SIMPAD). 

Juara harapan 2 Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Naker Juara Harapan 2 dengan menciptakan inovasi Sistem Informasi dan Aplikasi Perizinan Online (SIAPO).