Kurangi Fatalitas Kecelakaan Menuju TWA Kawah Ijen, Pemkab Banyuwangi Pasang Guardrail di Sengkan Mayit

Pemasangan guardrail di jalur Sengkan Mayit menuju TWA Kawah Ijen/ist
Pemasangan guardrail di jalur Sengkan Mayit menuju TWA Kawah Ijen/ist

Untuk mengurangi fatalitas kecelakaan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memasang pembatas jalan (Guardrail) di jalur menuju ke TWA Kawah Ijen. Terutama di sekitar Sengkan Mayit yang merupakan titik black spot.


"Ini bentuk support pemerintah dalam keselamatan lalu lintas. Semoga dengan adanya pagar pembatas pengamanan jalan ini bisa meminimalisir fatalitas kecelakaan," ungkap Sekretaris Daerah Banyuwangi, Mujiono, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (8/3).

Pemasangan guardrail ini dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Penataan Ruang (PU-CKPR) Banyuwangi. Ada 2 guardrail yang di pasang di Sengkan Mayit serta memasang rambu-rambu kewaspadaan di sepanjang jalan sebelum dan sesudah jalur black spot tersebut.

"Masing-masing kita pasang di Sengkan Mayit. Ada 2 ya di masing masing titik yang dari arah atas sepanjang 36 meter dan yang dari arah bawah sepanjang 32  meter. Kami juga tambah rambu-rambu kewaspadaan untuk pengendara," tambah Plt Kepala DPU-CKPR Banyuwangi, Danang Hartanto. 

Langkah tersebut, mendapatkan apresiasi dari pihak kepolisian. Hal ini sebagai bentuk upaya meminimalisir kecelakaan di jalur tersebut. "Pemasangan alat pembatas Guardrail ini sebagai langkah preventif guna menekan angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas," ujar Kasat Lantas Polresta Banyuwangi, Kompol Akhmad Fani Rakhim. 

Pemasangan Guardrail ini, kata Fani, karena jalur tersebut sangat rawan bagi pengendara atau pengemudi yang melintas di jalur sengkan mayit, karena jalur tersebut tidak terlalu lebar serta banyak tikungan curam dan tajam.

Data dari Satlantas Polresta Banyuwangi, lebih dari 10 kasus kecelakaan terjadi di wilayah itu. Apalagi, jalur tersebut merupakan jalur wisata, yang setiap weekend selalu dilalui oleh pengendara yang berkunjung ke TWA Kawah Ijen. 

"Kita imbau pengemudi atau pengendara serta penumpang untuk lebih waspada dan berhati - hati pada saat melintas di jalur black spot sengkan mayit. Pemasangan Guardrail ini tentunya guna meminimalisir dan menekan terjadinya fatalitas korban laka lantas," pungkas Fani.