Diterjang Hujan Angin Terop VIP Acara Pramuka Roboh, Wabup Ngawi Selamat

 Terop acara Pramuka di lapangan Desa Dero, Kecamatan Bringin, Ngawi roboh
Terop acara Pramuka di lapangan Desa Dero, Kecamatan Bringin, Ngawi roboh

Insiden terop roboh akibat terjangan angin disertai hujan deras mewarnai acara yang digelar oleh Kwarcab Pramuka di Ngawi, Jawa Timur. Acara tersebut digelar di lapangan Desa Dero masuk Kecamatan Bringin.


Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB pada Jum'at, (20/5), tersebut mengakibatkan dua terop VIP roboh. Disebutkan sewaktu kejadian juga hadir Ketua Kwarcab, Dwi Rianto Jatmiko, yang sekaligus Wakil Bupati (Wabup) Ngawi dinyatakan selamat.

"Kejadianya pas upacara selesai sewaktu pembacaan doa. Terop VIP sebanyak dua unit roboh terkena angin dan hujan. Dan tadi Pak Wabup Ngawi hanya basah terkena air hujan saja," terang Gaza Adhitya ajudan Wabup Ngawi, Jum'at, (20/5).

Disebutkan Gaza yang dikutip kantor berita RMOL Jatim, ketika terop roboh semua peserta upacara langsung lari menyelamatkan diri. Dari peristiwa ini tidak ada korban yang mengalami luka-luka atau lainya. 

Jelasnya lagi, saat kejadian itu Dwi Rianto Jatmiko menghadiri lomba tingkat regu khusus Pramuka Penggalang III (LT III) yang digelar oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Ngawi. Selain itu lantaran hujan angin lokasi kemah di lapangan Desa Dero tergenang banjir.

Terpisah, Anang Heri Prabowo Kepala BPBD Kabupaten Ngawi menerangkan, sesuai informasi BMKG pada akhir Mei 2022 ada intensitas hujan disertai angin akan terjadi di sebagian wilayah Ngawi. Untuk itu pihaknya mengingatkan untuk mewaspadai adanya fenomena alam tersebut.

"Tentu kita mengharap kepada masyarakat untuk ekstra waspada terhadap perubahan cuaca. Apalagi sesuai prakiraan cuaca versi BMKG ada peningkatan hujan disertai angin di sebagian wilayah Ngawi ini," tegas Anang Heri Prabowo.