Ketua DPR RI Puan Maharani ke Mojokerto, Lihat Pemanfaatan Sampah di TPA Karangdieng

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Mojokerto, melihat pemanfaatan dan pengembangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Karangdieng, Kecamatan Kutorejo. Kamis (16/6).


Ketua DPR RI yang akrab disapa Mbak Puan meninjau kolam budidaya ikan air tawar dengan sistem bioflok. Budidaya ikan lele dan nila digarap oleh Masyarakat Sejahtera Petani (MSP).  Mbak Puan didampingi Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mencoba memberi makan ikan lele dan nila yang berada di kolam MSP.

"Sehat-sehat gini ya ikannya," ujar Puan sembari memberi makan ikan di kolam bioflok. 

Budidaya ikan air tawar dengan sistem bioflok memiliki perbedaan, terutama pada menu makan ikan. Yakni, 80 persen diberi makan magot dan yang 20 persen adalah pellet. Kedatangan Puan juga meresmikan Kawasan Green Technology dan Inovasi serta meninjau budidaya magot dari lalat BSF (Black Soldier Fly) atau lalat tentara hitam.

 Dilanjutkan meninjau produksi pupuk organik berbasis cair atau lindi yang dilakukan MSP.Di TPA Karangdieng Puan berkesempatan berdialog dengan masyarakat sekitar TPA Karangdieng dan masyarakat yang tergabung dalam MSP.

"Silahkan disampaikan, ingin apa. Atau mau tanya apa juga silahkan," kata Puan. 

Di akhir acara, Puan Maharani menyerahkan bantuan berupa mesin pertanian kepada masyarakat Kabupaten Mojokerto dalam hal ini warga Karangdieng, Kecamatan Kutorejo.