Jember Scooter Festival 2022, Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

Bupati Jember Hendy Siswanto, Bupati Lumajang,Troriqul Haq Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo dan Dandim 0824/Jember Letkol infanteri Batara C Pangaribuan, saat pemberangkatan peserta Jember scooter festival 2022/RMOLJatim
Bupati Jember Hendy Siswanto, Bupati Lumajang,Troriqul Haq Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo dan Dandim 0824/Jember Letkol infanteri Batara C Pangaribuan, saat pemberangkatan peserta Jember scooter festival 2022/RMOLJatim

Bahkan Bupati Jember Hendy Siswanto dan Bupati Lumajang Troriqul, Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo dan Dandim 0824/Jember Letkol infanteri Batara C Pangaribuan, ikut ambil bagian memacu scooter bersama Scooterist di Indonesia.

Diketahui, Jember Scooter Festival ini, akan  berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 26 hingga 28 Agustus 2022. Acara ini diawali dengan konvoi melintas kota Jember yang diikuti perwakilan ratusan Scooter dengan mengambil start dari Pendopo Bupati Jember, Wahyawibawagraha Jember, menuju Gedung Balai Serba Guna (BSG) Kaliwates Jember.

"Bahwa ada 446 peserta teregistrasi dari se-Indonesia seperti dari pulau Kalimantan, pulau Bali, Bogor, Jogyakarta, dan lainnya," kata Ketua panitia, Madias Catur Blendes Wibowo, saat menyampaikan laporannya di Pendopo Wahyawibawagraha, Sabtu (27/8).

"Peserta lain masih dalam perjalanan dan diharapkan hari ini mencapai 1.000 orang," sambung dia. 

Dia juga menyampaikan berterima kasih kepada Pemkab Jember, karena acara Jember scooter festival, akan dijadikan agenda tahunan. 

Bupati Jember, H Hendy Siswanto, mengaku  senang atas kegiatan tersebut. Terlebih kegiatan tersebut, dihadiri Bupati Lumajang. Dia satu-satunya Bupati yang dekat dengan Jember. Sering memberi dorongan kepada Jember, agar Jember segera bangkit.

Dia menjelaskan, kegiatan Jember Scooter Festival atas biaya sendiri. Kegiatan ini, akan menjadi kegiatan rutin dan akan dimasukkan  kalender tahunan. 

"Kami siapkan anggaran tahun depan untuk Jember Scooter Festival. Kami  yakin kegiatan scooterist ini, mampu mengungkit pertumbuhan ekonomi," kata dia dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Kegiatan dalam Jember Scooter Festival 2022 ini,  ada stand UMKM, Baksos, pameran foto, onderdil, dan pameran Vespa.

Sedangkan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, yang juga  sebagai peserta kehormatan Jember Scooter Festival 2022, juga berikan apresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut.

Dia menyatakan Lumajang tidak boleh kalah. Sebentar lagi akan ada Jambore Scooter atau Vespa di Lumajang. 

"Konsepnya Camping, di Ranu Pane atau Glagah Haru. Ia mempunyai semboyan, satu vespa sejuta saudara," katanya.

Acara tersebut, dimanfaatkan  Kapolres Jember AKBP, Hery Purnomo, untuk melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas kepada masyarakat sepanjang lintasan konvoi dan juga kepada para scooterist. Menurutnya tertib berlalulintas, sangat dibutuhkan untuk keselamatan pengendara sendiri dan orang lain.

"Saat ini jalan raya masih menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Selain disebabkan karena kondisi infrastrukrur jalan yang tidak memadai, juga karena kelalaian pengendara, terutama tidak tertib berlalu lintas," katanya.

Oleh karenanya, dia menghimbau kepada seluruh pengendara khususnya para scooterist untuk selalu mengedepankan tertib berlalu lintas, dengan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas seperti marka jalan dan juga perlengkapan safety lainnya, serta melengkapi surat-surat kendaraan dan juga tidak ugal-ugalan saat di jalan raya.