Jambore Anak 2022 Berkarakter Wujudkan Jombang Santri, Generasi Inovatif Berakhlak

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab di acara Jambore Anak 2022/RMOLJatim
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab di acara Jambore Anak 2022/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang melalui Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak menyelenggarakan kegiatan Jambore Anak Jombang 2022, di Pendopo Kabupaten Jombang.


Jambore Anak Kabupaten Jombang tahun 2022 tersebut bertemakan "Anak Berkarakter Wujudkan Jombang Santri" dan diikuti oleh Forum Anak Jombang dan 100 Anak Jombang setingkat SMP/SMA.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan bahwa santri dari tema yang diusung berarti santun, tertib, religius dan inovatif. Sehingga anak muda Jombang sebagai generasi penerus, dan pemimpin masa depan ini diharapkan menjadi generasi yang sehat, cerdas, berakhlaqul karimah, santun, tertib, religius dan inovatif.

"Dan juga generasi yang bermanfaat untuk diri sendiri, serta bermanfaat bagi umat atau orang lain," katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (13/10).

Dia menyebut, Pemkab Jombang telah memberikan seluas-luasnya untuk pemenuhan hak anak. Selain itu juga membentuk wadah-wadah anak sebagai media untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi pendapat dan harapan anak dalam proses pembangunan.

"Seperti dengan pembentukan forum anak yang juga memiliki kegiatan jambore anak ini bertujuan untuk membentuk forum anak dalam mengembangkan kreatifitas, bakat, dan minat secara positif," sambungnya.

Pihaknya juga menyambut baik terselenggaranya jambore anak tingkat Kabupaten Jombang ini guna mewujudkan cita-cita besar dalam membangun pendidikan anak menuju generasi sehat, cerdas, dan berkarakter dan berdaya saing.

Bupati Jombang menambahkan, pada tahun 2022 Kabupaten Jombang telah mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian PPPA - Republik Indonesia pada tingkat Nindya.

"Semoga kedepan capaian tingkatan yang diraih ini naik lebih baik lagi menjadi Kabupaten Layak Anak tingkat Utama," harap Bupati Mundjidah.

Dalam kesempatan itu, Peserta Jambore Anak Jombang 2022 juga berdialog dengan Bupati Mundjidah, Wakil Bupati Sumrambah dan Wakapolres Jombang, Kompol Erika Purwana Putra, dimana mereka menyuarakan dan menyampaikan hak anak untuk perubahan menjadi lebih baik.

Mereka juga menerima materi dan motivasi dari Nanang Abdul Chanan Fasilitator Pengembangan Program KLA Tingkat Provinsi dan Nasional. Pembukaan Jambore Anak ini ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Bupati dan Wakil Bupati Jombang.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pudji Umbaran mengatakan kegiatan Jambore Anak Jombang 2022 ini diharapkan dapat menjadi media untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas anak dalam mengambil keputusan.

"Menjadi pendorong untuk berprestasi anak agar termotivasi," katanya.