Resmi Dibuka, TRAVELMart Beri Kemudahan Bagi Penyelenggara Umrah

Pembukaan TRAVELMart di Marvel City Surabaya/ist
Pembukaan TRAVELMart di Marvel City Surabaya/ist

Wadah biro perjalanan umroh TRAVELMart membuka one stop center  ibadah umroh di Marcel City, Surabaya. Terobosan pelayanan itu diharapkan akan memberikan kemudahan bagi jemaah umroh, untuk menjalankan ibadahnya ke tanah suci, Mekkah.


"Kami akan membuat ini sederhana, komunikatif dan bekerjasama dengan semua pihak, hasilnya bisa memberikan layanan terbaik bagi calon jamaah," kata Direktur TRAVELMart Guntur saat peresmian TRAVELMart di Marvel City pada Senin (24/10/2022).

Sekadar diketahui, TRAVELMart adalah wadah bagi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIH) yang akan membantu mereka dalam mengurus administrasi pemberangkatan jemaah. Lembaga itu akan membantu melayani berbagai kelengkapan administrasi, sehingga biro perjalanan umroh bisa lebih mudah dalam memberangkatkan jemaahnya.

"Kita mewadahi dan ekosistem ini ada 19 travel umroh, dan disini ada semua fasilitas pengurusan umroh seperti penyelenggaraan vaksin meningitis, pengurusan imigrasi dan info lainnya," tambahnya.

General Manager Marvel City Samuel menjelaskan, kedepan TRAVELMart menargetkan memperluas pelayanan bagi jemaah umroh di Jatim.

Bahkan, tidak tertutup kemungkinan, nantinya ada puluhan sampai ratusan travel perjalanan umroh yang akan bergabung dengan TRAVELMart, agar kemudahan bagi jamaah bisa lebih diperluas.

"Kapasitas fisik memang baru 19, tetapi apakah kita mampu nanti melayani ratusan, bisa. Karena pada tahap dua ada layanan yang disebut virtual office. Jadi travel luar kota bisa mendapatkan fasilitas TRAVELMart yang penting sudah menjadi member," jelasnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Abdul Haris mengatakan, dibukanya one stop center perjalanan umroh oleh TRAVELMart itu akan memudahkan jemaah menjalankan ibadah umroh dan haji.

"Pasca pandemi ini ada terobosan luar biasa di Jawa Timur, yang pertama kemarin kebijakan satu pintu pemberangkatan ibadah umroh kita bisa buka untuk bandara Juanda. Karena selain efektif dari sisi waktu juga anggaran dana," katanya.

Pasalnya, jamaah akan diberi kemudahan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, ketika mereka mau ibadah umroh.

"TRAVELMart bisa menyiapkan informasi bagi jamaah dengan memberikan wadah bagi PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh)," katanya.

Menurut dia, setelah pandemi Covid 19 reda, jumlah warga Jatim yang ingin berangkat menjalankan ibadah umroh ke tanah suci Mekkah, terus meningkat. Kini, dalam sepekan ada 15 sampai 16 penerbangan yang mengangkut jemaah umroh dari Bandara Juanda, Surabaya ke Mekkah Arab Saudi.

"Ternyata sekarang sudah mencapai 15 sampai 16 penerbangan. Dan pernah 20 flight dalam satu pekan. Kemarin vaksin meningitis yang pernah hilang dari peredaran kini sudah mulai lancar jadi masyarakat tidak boleh panik," katanya.

Sementara itu, dalam situasi normal, dalam satu tahun ada sekitar satu juta jamaah umroh dari Indonesia yang berangkat ke Mekkah, Arab Saudi. Dari jumlah itu, hampir separuhnya berasal dari Jawa Timur.

"Dalam satu tahun kemarin satu juta. Empat ratus ribu atau 500 ribu dari Jawa Timur," katanya.

Sementara itu, Direktur RS Sheila Medika dr Benjamin Kristianto MARS mengatakan, keberadaan One Stop Center pelayanan Umroh yang ada di Marvel City Surabaya sangat membantu jemaah dalam menjalankan ibadah umroh.

Menurut dia, dengan fasilitas itu yang disediakan oleh biro perjalanan TRAVELMart itu, jemaah akan sangat mudah mengurus administrasi umroh, sehingga bisa segera menjalankan ibadah ke tanah suci, mekkah.

"Kita bisa membuat suatu one stop service dimana yang mau umroh akan daftar enak dan dilayani travel," pungkasnya.


ikuti update rmoljatim di google news