Spesialis Curanmor di Minimarket Surabaya, Tertembak Saat Melawan

Pelaku saat dibawa di Polsek Wonocolo
Pelaku saat dibawa di Polsek Wonocolo

Sepak terjang Edi (28), pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) spesialis minimarket terhenti di tangan anggota tim Antibandit Polsek Wonocolo.


Ia diamankan saat beraksi di salah satu minimarket Jalan Sidosermo II, akhir Oktober 2022 lalu.

Pemuda kelahiran Dusun Palampean, Desa Gunung Eleh, Kecamatan Kedundung, Sampang itu juga terancam lumpuh lantaran tertembak di bagian lutut.

"Sesuai arahan pimpinan, kami terpaksa melakukan tindakan tegas, terukur dan keras terhadap tersangka. Selain akan melarikan diri, tersangka juga berupaya untuk melukai anggota dengan senjata tajam jenis badik," kata Kapolsek Wonocolo, AKP Bayu Halim Nugroho, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (16/11).

Bayu menjelaskan, pengungkapan kasus ini bermula saat anggota unit Reskrim melakukan patroli kring serse dan penggal jalan di kawasan rawan kejahatan. Di Jalan Sidosermo, polisi yang berpakaian preman mencurigai pelaku yang hendak beraksi.

"Tidak ingin terburu-buru, anggota kami di lapangan memilih untuk terus mengawasi gerak-gerik pelaku. Tak lama, tiba korban yang kemudian masuk ke minimarket itu. Setelah memastikan aman, tersangka pun mulai melancarkan aksinya," tegas Bayu.

"Tersangka jalan kaki langsung menaiki motor pengunjung yang sudah masuk di dalam minimarket. Ia kemudian membuka kunci pengaman motor dengan kunci letter T yang telah disiapkan," ia menambahkan. 

Setelah tersangka beraksi, polisi kemudian mendekat dan melakukan penangkapan. Namun, menyadari aksinya dipergoki oleh polisi, pelaku nekat mengeluarkan sebilah senjata tajam jenis badik dari balik baju.

"Dinilai membahayakan, petugas kemudian melepaskan dua kali tembakan peringatan ke udara. Bukan menyerah, pelaku malah mengeluarkan sajam. Alhasil, anggota terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur," tutup mantan Kasatlantas Polres Lumajang itu.