SAR Gabungan Akan Lakukan Penyisiran dan Pengamatan 3 Wilayah Terdampak APG Gunung Semeru

SAR Gabungan
SAR Gabungan

Dua Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya langsung bergabung dengan 1 tim rescue dari Pos SAR Jember serta seluruh unsur SAR gabungan setelah tiba di posko Candi Puro, Minggu (04/12) pukul 21.00 WIB.


“Setelah tiba di posko, tim melaksanakan evaluasi dan perencanaan giat untuk hari Senin ini termasuk rencana pendampingan Bu Gubernur Jawa Timur yang akan melakukan kunjungan ke wilayah terdampak” jelas Haris Supardi, Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Surabaya.

Rencana hari ini, Senin (05/12), tim SAR gabungan akan dibagi menjadi 3 SRU untuk melakukan penyisiran dan pengamatan di 3 wilayah terdampak bencana APG Gunung Semeru, yaitu dusun Kamar Kajang, Kajar Kuning, dan Curah Kobokan. 

Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo juga mengatakan bahwa akan ditempatkan personil di Pos Pantau di Gunung Sawur untuk memantau perkembangan kondisi Gunung Semeru.

Adapun unsur yang tergabung dalam tim SAR gabungan antara lain Kantor SAR Surabaya, Pos SAR Jember, BPBD Lumajang, Polres Lumajang, Polsek Pasiran, Koramil Pasiran, Polsek Pronojiwo, Koramil Pronojiwo, Siluman Rescue, Biting Rescue, IOF Cabang Lumajang, Baret Rescue, Lazismu, FKPPAI, Lumajang Rescue, Dinas Sosial Lumajang, Satpol PP, Dinas Kesehatan Lumajang, Dinas Perhubungan, PLN, dan Kodim Lumajang.