Tangkal Konflik Sosial, Perbaikan Ekonomi dan Pendidikan Jadi Kunci

foto/net
foto/net

Ada dua hal penting yang harus diperbaiki oleh pemerintah dalam menangkal konflik sosial di masyarakat. Dua hal yang jadi kunci itu adalah perbaikan ekonomi dan pendidikan.


Disampaikan Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman, ketika kebutuhan ekonomi tidak tercukupi, maka dapat memicu konflik sosial. Begitu juga dengan pendidikan. Ia menegaskan, pendidikan harus mampu memberikan pemahaman keberagaman dan saling menghormati.

“Harus menciptakan perekonomian yang mapan. Dengan demikian, kebutuhan dasar seorang warga bisa tercukupi dan tidak ada kesenjangan ekonomi,” tegas Sukirman, dalam keterangannya yang dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Senin (12/12).

Demikian pula dengan pendidikan. Dalam hal ini, pendidikan yang memberikan pemahaman soal keberagaman, menghormati sekaligus menghargai kelompok lain.

"Sistem pendidikan harus kita evaluasi tuntas agar semakin mantap dan yakin bahwa ada perlindungan generasi muda kita terkait ajaran radikal,” tegas legislator PKB itu.

Sekretaris DPW PKB Jateng menambahkan, keberagaman harus dipupuk melalui berbagai macam kegiatan lintas kepentingan. Sebab, Indonesia berdiri atas keberagaman mulai dari agama, suku, etnis dan sebagainya.

Oleh sebab itu, menurut dia,  untuk memupuk keberagaman tidak bisa berjalan sendiri-sendiri sesuai kepentingan kelompok.