Istighosah dan Doa Bersama 1 Abad NU di Jombang, Dihadiri Ribuan Masyarakat

Ribuan jamaah ikuti istighosah di Pendopo Jombang
Ribuan jamaah ikuti istighosah di Pendopo Jombang

Gelaran istighosah kubro bersama dzuriyah muasis Nahdlatul Ulama di Kabupaten Jombang berlangsung penuh khidmat. Ribuan masyarakat berbagai elemen dan juga nahdliyin berbaur dalam balutan lantunan doa dalam peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama tersebut.


Acara yang juga dihadiri langsung oleh Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf dan Sekretaris Jendral PBNU Saifullah Yusuf yang juga Ketua PCNU Jombang hasil kartaker diawali dengan santunan puluhan anak yatim. 

Dilanjutkan dengan pembacaan istighosah kubro yang dipimpin oleh KH Hamid Bisri dari Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang yang diikuti dengan khidmat oleh ribuan jamaah yang hadir dalam majelis yang dilaksanakan pendopo Jombang.

Selaku putri pendiri NU dari KH Abdul Wahab Chabullah, Ibu Nyai Hj Mundjidah Wahab dalam sambutannya menyampaikan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) merupakan organisasi masyarakat yang didirikan oleh jerih payah para ulama, kiai, dan santri. 

"Semoga kegiatan satu abad NU yang akan di selenggarakan ini bisa berjalan dengan lancar tanpa suatu halangan apapun," kata Hj Mundjidah Wahab, Sabtu (04/02)  dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Bupati Jombang ini menjelaskan, kegiatan istighosah dan doa bersama terutama untuk muasis NU ini sangat istimewa, sebab peringatan satu abad NU akan terulang kembali pada 100 tahun yang akan datang. 

"Karena memang belum tentu satu abad NU yang akan datang selanjutnya kita masih diberikan hidup oleh Allah," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf mengatakan PBNU memakai hari bersejarah 1 Abad NU dengan pilihan 1 Abad bukan 100 tahun bukan tanpa sebab dan makna. 

Namun, dari kata 1 Abad NU memiliki makna yang mendalam yakni jika memakai 100 tahun maka tahun berikutnya 101 tahun dan dirasa kurang spesial. Kemudian jika memakai 1 Abad maka harus menunggu 100 tahun lagi untuk mencapai Abad ke 2 nya. 

"Secara naluriah momentum ini jadi istimewa. Maka semangat dan animo masyarakat seluruh dunia yang ingin mengabadikan peringatan 1 Abad NU sangat besar," jelas Gus Yahya, panggilan akrabnya dalam paparan kepada jamaah yang hadir pada peringatan 1 Abad di pendopo jombang.

Ia menambahkan, tak bisa dipungkiri semangat masyarakat untuk memperingati 1 Abad NU yang begitu luar biasa, mendorong PBNU turut memeriahkan momentum sejarah dengan menggelar acara 1 Abad NU di Stadion Delta Sidoarjo, 7 Februari 2023 mendatang. 

"Kalau PBNU hanya nyembeleh ayam 1 bancaan (syukuran) dikantor PBNU pasti dimarahi orang banyak," gurau Gus Yahya menegaskan peringatan 1 Abad NU di Sidoarjo.