Ziarah Bareng Anies Di Makam Sunan Ampel, Muhaimin: Untuk Kemajuan Indonesia

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Setelah mengisi Halaqoh Pemikiran Politik di Hotel Arcadia Surabaya, duet bacapres-bacawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar terlihat berziarah ke makam Sunan Ampel pada Sabtu (9/9).


 Dari pantauan, saat berziarah, pasangan Anies-Cak Imin ditemani sejumlah kiai di Jatim. Mereka berdoa secara khusuk di komplek pemakaman Sunan Ampel.

Cak Imin mengatakan, ziarah bersama ini merupakan kali pertama dilakukan kedua pasangan itu.

 "Iya yang pertama ziarah bersama Mas Anies di Sunan Ampel," katanya.

Wakil ketua DPR RI itu mengaku Sunan Ampel adalah wali tertua, yang memiliki anak para pejuang Islam di Indonesia.

"Beliau memberikan banyak warisan ilmu pengetahuan dan strategi membangun masyarakat, bahkan telah berhasil merajut hubungan antara ulama dan pemerintah. Sehingga terjadi kehidupan keagamaan yang solid beserta seluruh program-program pemerintahan," jelasnya.

"Ini terakhir ini dengan Mas Anies di Sunan Ampel, wali tertua yang memiliki anak para pejuang islam di Indonesia. Kalau mau ziarah Wali Songo itu mulai dari ampel atau diakhiri di ampel," imbuh Cak Imin.

Ketum PKB ini berharap berkah dari Sunan Ampel bisa membawa Indonesia lebih maju ke depannya.

"Mudah-mudahan berkah Sunan Ampel membawa kemajuan bangsa Indonesia. Dan tentu dari Jawa Timur kita menata Indonesia jauh lebih baik," tegasnya.

Tour de Wali Songo sendiri dilaksanakan mulai 8-11 September 2023. Gus Muhaimin dan rombongan PKB berkeliling ziarah ke makam para wali yang berada di Cirebon hingga Surabaya.


ikuti update rmoljatim di google news