Pastikan Kelancaran Tahap Pemungutan Suara, Polrestabes Surabaya Terjunkan Personil untuk Pengamanan 8.167 TPS 

Apel pengamanan di Polrestabes Surabaya
Apel pengamanan di Polrestabes Surabaya

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Pasma Ryce,  memimpin Apel Gabungan Pergeseran Personel Pengamanan TPS Pemilu Serentak 2024 di Wilayah Kota Surabaya. Kegiatan dilaksanakan di Depan Mako Polrestabes Surabaya, Senin (12/2/24)


Hadir dalam kegiatan Apel, Dir Samapta Polda Jawa Timur, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Wakapolrestabes Surabaya, Pejabat Utama, Pasi Ops Kodim, Para Danramil, Kapolsek Jajaran Polrestabes Surabaya. 

Kapolrestabes Surabaya menyampaikan saat ini sedang memasuki masa tenang dan akan memasuki tahap pemungutan dan penghitungan suara. 

"Ini merupakan pesta demokrasi rakyat Indonesia yang merupakan momentum bersejarah yang menjadi tonggak yang akan menentukan pemimpin bangsa ini kedepan," ujar Kombes Pol Pasma. 

Didalam pelaksanaan Pemilu, keamanan adalah tanggung jawab dari pihak Kepolisian. Artinya mulai tahapan awal hingga penghitungan suara kita wajib menjaga dan mensukseskan jalannya Pemilu Serentak 2024. 

Jajaran Polrestabes Surabaya dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak akan melakukan pengamanan sebanyak 8.167 TPS yang terbagi di Wilayah di Wilayah Hukum Polrestabes Surabaya sebanyak 6.532 TPS dan di Wilayah Polres Pelabuhan Tanjung Perak sebanyak 1.635 TPS.

"Bahwa pelaksanaan dalam Pemungutan Suara Besok, Kelancaran dan Keamanan berada di Pundak Kita. TNI Polri harus bisa memastikan kelancaran tersebut," pesan Kombes Pol Pasma. 

Logistik dari KPU Kota Surabaya sudah tergelar di Tingkat PPK. Dan Mulai hari ini akan bergeser ke tingkat PPS secara bertahap.

Setelah pelaksanaan Apel, seluruh anggota diharapkan dapat berkoordinasi dengan seluruh pihak penyelenggara pemilu di tingkat TPS. 

"Semenjak dari pergeseran logistik dari PPK ke PPS, Semua wajib dijaga, jangan sampai lepas dari pandangan. Kalau perlu peluk itu logistik saat tidur," tutur Kombes Pol Pasma.

Pastikan tidak ada gangguan terhadap penyelenggaraan Pemilu serentak pada 14 Februari 2024 mendatang baik tahap pemungutan suara dan tahap penghitungan suara. 

Setelah dilakukan pengecekan perbekalan dan perlengkapan diharapkan masing-masing anggota dapat melaksanakan tugas dengan baik. Silahkan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat baik pak RT maupun RW.

Kapolrestabes Surabaya yakin dengan kemampuan dan pengalaman personel bisa mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif selama tahap pemungutan dan penghitungan suara. 

Kombes Pol Pasma Royce juga mengingatkan kepada seluruh anggota yang hadir agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. Apabila ditemui adanya pelanggaran atau meninggalkan tugas tentu akan mendapatkan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.