Jalan Raya Gunung Gumitir Retak Sepanjang 100 Meter, Jalan Jember-Bali Terancam Terputus

Anggota Polsek Sempolan Jember AKP Muhammad Nai saat menunjukkan badan jalan retak dan mengawal lalu lintas di sekitar truk terbalik/RMOLJatim
Anggota Polsek Sempolan Jember AKP Muhammad Nai saat menunjukkan badan jalan retak dan mengawal lalu lintas di sekitar truk terbalik/RMOLJatim

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Jember mengimbau pengendara roda 2 dan roda 4 untuk berhati-hati saat melintasi jalan Raya Nasional di kilometer 36 Kawasan Gunung Gumitir Desa Sidomulyo Kecamatan Silo.


Sebab, badan dan bahu jalan sepanjang kurang lebih 100 meter mengalami retak. Bahkan badan jalan terancam longsor yang mengakibatkan terputusnya jalur Jember-Bali jika jalan terus diguyur hujan.

Akibat retakan tersebut, sebuah mobil truk pengangkut ikan terguling di jalan raya Gumitir tersebut pada Sabtu malam (20/4) kemarin.

Kepala BPBD Jember Widodo Julianto mengatakan retakan terjadi pada badan dan bahu jalan di Jalan Nasional III Km 36 + 800 Jember, tepatnya di tikungan leter S Mbah Singo.

Widodo mengaku pihaknya bersama kepolisian sudah melakukan pengecekan. Diketahui panjang retakan kurang lebih 100 meter. Bentuk dan model retakan berbentuk melengkung mengikuti alur jalan dari bahu jalan sisi kanan dengan lebar antara 5 hingga 10 centimeter. 

"Kami berkoordinasi dengan pihak pemelihara jalan Nasional, karena kawasan tersebut dapat berpotensi menimbulkan longsor, yang akan mengakibatkan putusnya jalan nasional," kata Widodo dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (21/4) malam.

"Terutama untuk kendaraan besar, yang mengangkut barang dengan tonase besar, untuk sementara tidak melewati jalan tersebut," sambungnya.

Senada disampaikan Kapolsek Sempolan AKP Muhammad Na'i. Dia menjelaskan sebuah truk Toyota Dyna Nopol K - 9027 - QD yang dikemudikan Suwarin (33), warga Desa Segoromulyo, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang Jawa Tengah, terguling di tempat tersebut, pada Sabtu (20/4) malam. 

Truk yang bermuatan ikan yang melaju dari arah Jember menuju Banyuwangi tersebut saat melintasi jalan retak atau ambles truk bergoyang dan oleng ke kanan hingga terguling.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, pengemudi hanya mengalami luka ringan di kaki kanannya," katanya.