Setelah Korea Selatan Mengukir Sejarah- Jepang Melenggang Dengan Tenang

KOREA itu meskipun sudah terbelah dua menjadi Korea Selatan dan Korea Utara, gara-gara perang saudara pada 25 Juni 1950 sampai 27 Juli 1953, tapi kedua pecahan negara itu masih sanggup, bahkan tak pernah berhenti, mengguncang dunia.


Presiden AS Donald Trump yang temperamental beberapa kali mengancam, bahkan menyerukan boikot, tapi Jong-un tak gentar. Senjata nuklir produk teknologi perang negaranya terus diledakkan dalam percobaan yang mengguncang dunia.

Akhirnya, sejarah mencatat, Presiden AS Donald Trump menyerah dan terbang ke Singapura untuk berunding dengan pemimpin Pemimpin Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea Kim Jong-un. Ini terjadi di Capella Hotel, Pulau Sentosa, Singapura, pada 12 Juni 2018.

Lain utara, lain pula selatan. Korea Selatan mengguncang dunia lewat produk otomotif dan (terutama) elektronik (gadget) merk Samsung. Mereka menguasai pasar gadget dunia secara meyakinkan hingga membuat keder Apple yang lewat seri iPhone semula merajai pasar.

Sementara di dunia kaum muda, Korea Selatan membombardir para ABG sejagat raya dengan industri budaya pop yang terkenal dengan istilah K-Pop.

Lalu tadi malam, para penggila bola sedunia dibuat berlinang airmata oleh timnas Korea Selatan. Di ajang sepakbola qubro Piala Dunia 2018 Rusia, tim asuhan Shin Taeyong ini secara damatis-tragis menyingkirkan tim Jerman dengan skor 2-0.

Padahal Die Mannschacft itu petahana juara Piala Dunia (2014) yang diproyeksikan akan mempertahankan gelarnya di Rusia.

Persaingan Tradisional Korea vs Jepang

Menurut hikayat "babad tanah Korea", kawasan Jepang itu dulunya merupakan tempat pembuangan para pemberontak dan kriminal dari negara di semanjung Asia Timur  Goryeo (cikal-bakal nama Korea). Seperti daratan Australia yang menjadi tempat pembuangan para kriminal dari Eropa (Britania Raya, Inggris).

Maka ketika orang-orang di tanah pembuangan itu tumbuh menjadi negara (Jepang), dan maju pula, maka secara tradisional tumbuh sentimen di antara kedua negara itu. Di kalangan bangsa Korea ada semacam kecemburuan yang luar biasa. Sementara dalam darah bangsa Jepang, mengalir sel-sel dendam kesumat yang gawat.

Makanya di masa lalu, perilaku tentara Jepang di Korea jauh lebih kejam dibandingkan di negara jajahannya yang lain. Pernah juga (hingga awal 90-an) wsrga keturunan Korea untuk memperoleh KTP oleh pemerintah Jepang diambil sidik jarinya.

Warga keturunan Korea di Jepang setiap hari selama beberapa tahun unjuk rasa atas diskriminasi ini. Sebab, asal tahu saja, di Jepang (waktu itu) hanya para kriminal (dan warga keturunan Korea) yang diambil sidik jarinya.

Sekarang tentu saja sengketa tradisional antara Korea dan Jepang lebih produktif. Bersaing dalam hal prestasi. Makanya tempo hari, agar tidak menimbulkan konflik, FIFA menggelar Piala Dunia 2002 digelar serentak di kedua negara ini.

Sekarang, setelah Korea Selatan mengguncang dunia dengan menghalau pulang kampung tim sesangar Jerman, pasti laskar Samurai Biru akan berjibaku menundukan Polandia nanti malam (21.00).

Memang Polandia punya  Robert Lewandowski, striker yang ngetop haus gol di Bundesliga. Tapi tampaknya tidak akan terlalu jadi masalah bagi anak-anak asuhan Akira Nishino ini.

Partai dahsyat tentu yang terjadi di tempat lain: Senegal vs Kolombia. Kedua tim ini berlaga hidup-mati untuk memperebutkan satu tiket lagi jatah Grup H.

Sedangkan dini harinya (01.00) Inggris hanya akan adu kehormatan dengan Belgia. Tapi Inggris sedang "on fire," sekarang ini. Jadi Belgia bisa kewalahan.

Kalau Panama vs Tunisia kelasnya ibarat partai tambahan dalam dunia tinju. Jadi fokus kita lebih ke Inggris. [dzk]