Salut Hormat Untuk Laskar Samurai Biru

2 Juli 2018, Belgia bertempur melawan Jepang di Arena Rostov, Rusia pada babak 16 besar demi menentukan siapa berhak lanjut ke babak perempat final Piala Dunia.Belgia pernah menjadi runner-up Piala Eropa sementara Jepang 4x menjuarai Piala Asia.


Pada daftar peringkat FIFA terakhir bulan April 2018, Belgia berada pada posisi tiga di bawah juara dunia Jerman dan Brasil. Belgia melangkahi para maharaksasa sepak bola seperti Argentina, Spanyol, Inggris, hingga Italia.

Setelah memastikan diri sebagai tim Eropa pertama yang lolos secara tak pernah terkalahkan ke  Piala Dunia 2018 dari fase kualifikasi, Belgia dengan generasi terbaiknya saat ini memang layak disebut sebagai The Dream Team.

Pemain berkualitas Belgia merajalela di seluruh lini. Pada babak awal Piala Dunia 2018, Belgia tak terkalahkan bahkan menundukkan Juara Piala Dunia 1934, 1938, 1982, 2006, Inggeris dengan skor 1-0.

Jepang

Di samping Korea Selatan, timnas Jepang merupakan laskar sepakbola paling sukses di Asia. Sejak 1998 Jepang  selalu tidak ketinggalan tampil di Piala Dunia.

Jepang 4 kali menjuarai Piala Asia pada tahun 1992, 2000, 2004, dan 2011. Juga pernah menjadi Runner-Up Piala Konfederasi 2001.

Pada babak awal Piala Dunia 2018, Jepang lolos ke babak 16 besar dengan menumbangkan tidak kurang dari sang Juara Piala Dunia 1954, 1974, 1990, 2014, Jerman dengan skor 2:0 secara dramatis sebab kedua gol dicetak pada menit-menit terakhir sebelum laga berakhir.

Dramatis

Akira Nishino sulit menerima kenyataan akibat sebenarnya anak-anak latihnya sudah unggul 2-0 terlebih dahulu pada laga melawan laskar Setan Merah.

Pada menit ke-48 Haraguchi mencetak gol pertama disusul empat menit kemudian dengan gol kedua oleh Inui. Para hulubalang Jepang mengulang kesaktian mencetak dua gol secara beruntun yang memperlayakan Jerman.

Namun lain Jerman, lain Belgia. Sementara para Panzer meloyo, malah para Setan Merah bangkit untuk bertriwikrama sehingga pada menit ke-69 Vertonghen ganas membobol gol Jepang yang lima menit kemudian disusul oleh Fellaini.

Menjelang peluit panjang ditiup wasit laga, Lukaku sukses mengecoh Hasebe dkk dengan gaya pura-pura menendang bola sehingga bola silang Meunier dibiarkan leluasa menemui Chadli yang berdiri bebas tanpa kawalan sehingga leluasa menendang bola masuk gawang tanpa tertangkis oleh Kawashima.

Bushido

Skor laga dramatis babak 16 besar Piala Dunia 2018 berakhir 3-2 untuk Belgia. Tanpa mengurangi penghormatan bagi laskar Setan Merah, saya memberikan salut hormat kepada laskar Samurai Biru yang secara sangat terhormat kalah namun telah membuktikan diri sepenuh jiwa-raga sampai titik keringat, air mata dan darah penghabisan berjuang mengejawantahkan gelora semangat Bushido di lapangan hijau stadion Arena Rostov 2 Juli 2018. [***

Penulis mendambakan laskar Merah-Putih bertriwikrama pada babak kualifikasi Piala Dunia sehingga lolos masuk ke babak awal Piala Dunia 2022