Perempuan Gresik Berharap Punya Pemimpin Seperti Risma, Sosok Itu Aminatun Habibah

Aminatun Habibah/Ist
Aminatun Habibah/Ist

Masyarakat Kabupaten Gresik berharap di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 bisa memiliki pemimpin perempuan. Harapan mereka pemimpin perempuan itu seperti Tri Rismaharini (Bu Risma) Wali Kota Surabaya yang dinilai luar biasa dalam menjadikan daerahnya berkembang dan menjadi sorotan karena keberhasilannya dalam berbagai hal.


Hal tersebut diungkapkan salah seorang warga Wringin Anom Gresik Leli Fitriyana (37) yang berharap sosok Risma bisa terwujud melalui Aminatun Habibah (Bu Min) jika nantinya terpilih menjadi Calon Wakil Bupati (Cawabup) mendampingi Fandi Ahmad Yani (Gus Yani) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gresik 2020.

"Apa yang menjadi harapan kami, sebagai perempuan warga Kabupaten Gresik tidaklah berlebihan. Mengingat Bu Min ini, juga memiliki segudang prestasi," ujarnya kepada Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (16/8).

Misalnya, saat menjadi kepala sekolah, Bu Min mampu menjadikan SMK Assa’adah Bungah dan memiliki manajemen sekolah berbasis internasional ISO. Serta, Bu Min juga pernah menjadikan SMK Assa’adah Sekolah Berbasis Lingkungan Adi Wiyata Tingkat Jawa Timur.

“Tidak hanya itu, di era Bu Min, SMK Assa’adah pernah menjadi Sekolah Kewirausahaan. Sejumlah kerjasama dengan negara lain juga pernah dijalaninya. Diantaranya dengan dunia usaha dan pendidikan di Jepang, Korea Selatan, China, dan negara-negara lainnya di ASEAN," tuturnya.

SMK Assa’adah telah memiliki Akreditasi A atas kontribusi Bu Min lanjut Leli. Bahkan, Bu Min juga pernah memberikan Beasiswa Pendidikan kepada siswa berprestasi, yatim, siswa kurang mampu, serta siswa Tahfidul Qur’an.

Selain sebagai salah satu pendiri Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Gresik, Bu Min juga  mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) yang bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI di bidang Fabrikasi.

“Bu Min juga pernah melakukan kunjungan mewakili Kasek Jatim dalam acara Vocational School World Skill di Uni Emirat Arab (Dubai)," paparnya.

Senada disampaikan Siti Fatimah (41) warga Menganti Gresik. Menurutnya, sosok Aminatun Habibah merupakan figur yang tepat untuk ditunjuk menjadi pemimpin Kabupaten Gresik.

"Segudang prestasi yang pernah diraih Bu Min sepanjang kiprahnya, telah kita ketahui ini selama ini. Sehingga, beliau sangat diharapkan betul oleh masyarakat untuk memperbaiki kabupaten Gresik sesuai slogan ‘Perubahan’ paslon NIAT dengan tagline Gresik Baru," tegasnya.

"Minimal perubahan yang diusung Bu Min untuk Gresik nantinya bisa menjawab masalah pendidikan, perempuan dan anak serta lingkungan yang selama ini di anak tirikan. Mengingat sederet prestasi Bu Min ada pada bidang-bidang tersebut," tandasnya.

Sementara, Novita Citra (30) warga Kebomas Gresik, meyakini jika sosok Risma bisa diwujudkan Aminatun Habibah (Bu Min) jika nantinya terpilih menjadi Calon Wakil Bupati (Cawabup) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gresik 2020.

"Saya mewakili suara perempuan Gresik, sangat berharap perempuan bisa menjadi pemimpin di Kabupaten Gresik. Karena, kalau perempuan itu kan memimpinnya dari hati dan kekuatan batinnya lebih tangguh dan itu ada pada diri Bu Min," ucapnya.

"Pilkada Gresik 2020 mendatang, ada sosok perempuan pertama kali dan satu-satunya yang berani tampil untuk maju dalam kontestasi lima tahunan itu. Yakni Bu Min. Maka kami yakin beliau akan mampu menjadi Risma di Kabupaten Gresik," pungkasnya.

Untuk diketahui, Aminatun Habibah saat ini merupakan Cawabup yang dipasangkan dengan Fandi Ahmad Yani sebagai Cabup yang diusung oleh PDIP, PAN, Demokrat, Golkar, PPP dan Nasdem pada Pilkada Gresik 2020.