Kali Pertama, Unitomo Gelar Esport

Wakil Rektor IV, Meithiana Indrasari saat membuka kompetisi/dok hms
Wakil Rektor IV, Meithiana Indrasari saat membuka kompetisi/dok hms

Untuk kali pertama, Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Kompetisi Olahraga Elektronik atau Esport Series 1 untuk jenis game “Mobile Legend”.


"Ini pertama kalinya dalam sejarah, kampus Unitomo  menggelar kompetisi yang banyak digandrungi kaum milenial saat ini. Mungkin banyak yang memandang negatif ketika anak bermain game, namun ketika sudah berkompetisi seperti ini, gamers memiliki sisi positif yakni tentang manajemen tim, fokus,dan mengatur strategi," jelas Wakil Rektor IV, Meithiana Indrasari, melalui pesan singkat yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Senin (31/8).

Meithiana menambahkan, meski antusias dari peserta luar biasa, namun ia mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan saat pertandingan.

“Kami salut dengan panitia yang tetap dengan menerapkan protokol secara disiplin untuk memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” jelasnya.

Sementara itu, Suyanto selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, berencana menjadikan Esport sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Unitomo. "Apalagi ini kan sudah menjadi cabang olahraga prestasi resmi yang sudah dipertandingkan mulai dari PON, Sea Games, ASIAN Games, serta Olimpiade. Bahkan sudah masuk Koni juga kan," ujarnya.

Untuk diketahui, Esport  digelar di kantin Unitomo pada Minggu (30/8), kegiatan diikuti 120 siswa yang terbagi dalam 24 tim siswa SMA/SMK/MA sederajat negeri maupun swasta.

Kompetisi Esport dilakukan setengah kompetisi untuk memerebutkan juara 1, 2, dan 3. Kompetisi ini berlangsung dengan menggunakan sistem gugur, mulai babak penyisihan hingga semifinal. Selanjutnya di semifinal hingga final menggunakan sistem bertemu.