Dukung PJJ, XL Axiata Kolaborasi dengan ASKOMPSI

Penyerahan Kartu SIM paket layanan data internet/dok hms
Penyerahan Kartu SIM paket layanan data internet/dok hms

Dalam upaya mendukung Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ, Palu, PT. XL Axiata, Tbk (XL Axiata) berkolaborasi dengan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) memberikan paket internet gratis khusus bagi pelajar di berbagai provinsi.


"Kerja sama XL Axiata dan ASKOMPSI merupakan implementasi kedua pihak mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan proses belajar dan mengajar secara online selama pandemi Covid-19 masih berlangsung," kata Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (2/9).

Bambang menambahkan, proses pembelajaran jarak jauh memang memerlukan terobosan dengan memanfaatkan layanan internet dan teknologi digital. Namun, untuk melaksanakannya, muncul kendala terkait dengan kemampuan masyarakat dalam menyediakan sarana smartphone, membeli paket kuota data, serta kualitas jaringan atau sinyal dari operator yang belum sepenuhnya menjangkau setiap area. 

"Program kerja sama XL Axiata-ASKOMPSI ini diharapkan bisa memperingan beban sebagian pelajar dan orang tuanya dalam mendapatkan kuota data untuk mengikuti PJJ," ungkapnya.
 
Melalui kerjasama XL Axiata-ASKOMPSI ini, akan disalurkan donasi berupa kuota data gratis ke total lebih dari 260.450 pelajar setingkat SMP dan SMA di lebih dari 1000 sekolah yang berada di 28 provinsi, antara lain Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo serta beberapa propinsi lain. 

Data pelajar dan sekolah berdasarkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Provinsi. Penyaluran donasi ini akan dilakukan dengan dengan dua skema. Pertama, sebanyak 450 paket diberikan untuk pelajar kurang mampu, yang bisa dipakai untuk mengakses internet selama empat bulan. Kedua, sebanyak 260.000 paket berupa akses internet gratis selama dua bulan. Paket kuota data gratis ini sudah bisa mulai dipergunakan pada 1 September 2020.
 
Mekanisme penyaluran ke setiap siswa akan dilakukan oleh Kepala Sekolah dengan cara berkoodinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi. Kuota data yang diterima para siswa ini bisa dipakai untuk mengakses layanan Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom dan juga Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu. 

XL Axiata sebelumnya juga menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) untuk menyediakan paket khusus kuota data guna memperingan mahasiswa dan dosen. Kebutuhan ini muncul karena selama pandemi, perkuliahan tatap muka ditiadakan dan digantikan dengan perkualitan jarak jauh juga.