Usia 75 Tahun, RRI Tercatat Ikut Berjuang di Era Kemerdekaan

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) menapaki usia ke-75 tahun.


Sejarah mencatat bahwa RRI tidak hanya berperan menyampaikan berita atau informasi kepada rakyat Indonesia dan dunia, tetapi juga turut mengobarkan semangat revolusi kemerdekaan melalui siaran-siarannya.

Menurut Sumarlina Kepala Stasiun LPP RRI Surabaya kegigihan angkasawan angkasawati RRI di zaman perjuangan hingga sekarang ini menjadi bukti bahwa sebagai Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI hadir untuk masyarakat.

Ia juga menyebut peran para penyiar RRI waktu itu tidak bisa dianggap remeh. Kegigihan perjuangan juga diperlihatkan dalam semangat menyampaikan pesan kemerdekaan waktu itu.

"Dulu Jepang dan Sekutu mengisolasi informasi, jadi pejuang RRI secara sembunyi-sembunyi bersiaran menyampaikan pesan kemerdekaan pada masyarakat Jatim," kata Sumarlina di peringatan hari Radio HUT RRI Ke-75, di Auditorium Bung Tomo RRI Surabaya, Jum'at (11/9).

Sumarlina menambahkan semangat, konsistensi dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat dari dulu sampai sekarang menjadi komitmen. Sebagai sabuk pengaman negara, RRI hadir tidak hanya melalui kanal informasi yang ada tapi memberikan verifikasi kabar dari berita-berita bohong (hoaks) yang marak akhir-akhir ini.
"Peran strategis RRI dulu hingga sekarang itu sebagai pengaman negara dan bangsa. Perannya mempertahankan negara melaluo informasi-informasi yang diberikan kepada bangsa, negara hingga luar negeri," terangnya.

Ia melanjutkan sejarah RRI Surabaya juga terukir di tugu peringatan yang tepat berdiri di depan gedung RRI Jalan Pemuda No. 82-90.

"Tugu ini menceritakan pertempuran hebat heroik yang pernah terjadi di gedung RRI antara tentara Sekutu yang berada di bawah komando Jendral Mallaby melawan para pejuang dan pemuda Surabaya yang rela mati daripada dijajah kembali," ucapnya.

Tengara Gedung RRI Surabaya itu berbunyi: "Karena fungsinya yang penting maka Gedung RRI Surabaya ini diduduki oleh pasukan Jendral Mallaby. Pada pertempuran 28-30 Oktober 1945 banyak korban rakyat jatuh. Tanggal 29 Oktober 1945 gedung ini dibakar habis dan tidak seorang pun pasukan Inggris di sini lolos dari kemarahan rakyat.

"Pataka mengatakan, sejarah angkasawan-angkasawati RRI dalam kemerdekaan yang berada di balik layar membuat kisah dan perjuangan mereka seakan terlupakan.

Di era konvergensi lanjut Sumarlina, RRI juga tidak berdiam diri. Perkembangan zaman suatu keniscayaan dan harus dihadapi. Era Digitalisasi RRI tidak hanya menyajikan media konvensional tapi memanfaatkan media multi platfoam yakni aplikasi Play-Go yang terdapat berbagai layanan dalam satu aplikasi.

"RRI Play-Go itu berisi aneka konten, seperti entertainment, musik khas anak muda, radio yang divisualkan, news dan lainnya." paparnya.
Dalam kesempatan ini RRI juga memperkenalkan Sprint yang merupakan sebuah big data atau artificial intelligence yang dibangun sejak setahun lalu. 

"Dalam satu tahun terakhir ini RRI membangun satu data yang cerdas. artificial intelligence. Itu sedang di bangun tidak lama lagi akan diresmikan. Itu nantinya info data yang dapat diakses masyarakat tentang RRI dan negara," pungkasnya.



Dikirim dari Yahoo Mail di Android