Kesehatan Trump Semakin Membaik, Kemungkinan Senin Sudah Bisa Keluar Dari Rumah Sakit

Mobil yang menbawa Donald Trump ke rumah sakit
Mobil yang menbawa Donald Trump ke rumah sakit

Tim dokter yang merawat Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa saat ini keadaannya berangsur membaik dan mengungkapkan Trump dapat dipulangkan paling cepat Senin (5/10) waktu setempat.


Tim medisnya mengatakan tingkat oksigennya turun dua kali secara singkat dalam beberapa hari terakhir dan dia dirawat dengan steroid, tetapi mereka memberikan penilaian yang optimis terhadap kesehatan dan prospek presiden berusia 74 tahun itu. 

“Sejak kita berbicara terakhir, presiden terus membaik. Seperti halnya penyakit apa pun, sering terjadi pasang surut selama perjalanan,” kata dokter Trump, Sean Conley, seperti dikutip dari AFP, Minggu (4/10).

Conley mengatakan presiden diterbangkan ke pusat medis militer Walter Reed pada hari Jumat (2/10) waktu setempat setelah terjadi perkembangan yang cepat dari penyakitnya. 

Tingkat oksigennya sempat turun secara mengkhawatirkan saat itu, di mana akhirnya Trump menerima oksigen tambahan. Brian Garibaldi, salah satu dokter Trump, mengatakan presiden telah ‘bangun dan berkeliling’ dan merasa sehat

“Rencana kami hari ini adalah membuatnya makan dan minum, bangun dari tempat tidur sebanyak mungkin, untuk bergerak,” kata Garibaldi. 

“Dan, jika dia terus terlihat dan merasa sebaik yang dia lakukan hari ini (Minggu), harapan kami adalah bahwa kami dapat merencanakan pemulangan paling cepat besok (Senin) ke Gedung Putih di mana dia dapat melanjutkan perawatannya,” lanjutnya.

Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows mengatakan pada hari Sabtu (3/10) waktu NewYork, bahwa kesehatan Trump telah membuat para dokter ‘sangat prihatin’ tetapi dia telah membaik dan tidak pernah ada risiko dia harus menyerahkan kekuasaan. Trump memposting video ke Twitter pada Sabtu (3/10) malam waktu setempat. 

Ia terlihat santai dengan kemeja kerah terbuka dan jas biru, mengatakan kepada pemirsa bahwa dia akan segera kembali, tetapi mengakui bahwa hari-hari penting mendatang akan menjadi ‘ujian yang sebenarnya’. 

“Saya mulai merasa baik. Anda tidak tahu selama beberapa hari ke depan, saya rasa itulah ujian yang sebenarnya, jadi kita akan melihat apa yang terjadi selama beberapa hari mendatang,” ungkapnya. Terbaru, Donald Trump membuat kejutan dengan muncul di luar Rumah Sakit Walter Reed, melambai kepada pendukungnya saat berada di dalam SUV, Minggu sore (4/10) waktu setempat. Kemunculan Trump di luar rumah sakit ramai di posing di Twitter.