KRI Diponegoro-365 & KRI Tombak-629 Laksanakan Latihan Komunikasi Secara Senyap

Latihan komunikasi senyap / Arnada II
Latihan komunikasi senyap / Arnada II

KRI Diponegoro (DPN-365) yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Lewis N. Nainggolan bersama KRI Tombak (TOK-629) yang sedang melaksanakan Operasi Perisai Sakti 20 di bawah kendali Operasi Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo melaksanakan latihan bersama serial ”Flashing Exercise” di daerah operasi pada Sabtu, (10/10).


Serial Latihan yang dilaksanakan kali ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta profesionalitas para prajurit ditengah misi menjalankan tugas operasi menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

Menurut Lewis-saoaan karib Komandan KRI DPN-365,  selain untuk untuk meningkatkan kemampuan dan  profesionalisme prajurit, latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antar unsur agar terjalin sinergi dan kewaspadaan yang tinggi dalam menghadapi setiap ancaman pada saat melaksanakan operasi.

" Flashing Exercise merupakan latihan yang dilaksanakan oleh kapal-kapal untuk mengirimkan berita komunikasi taktis secara senyap dan cepat menggunakan isyarat-isyarat taktis pada jarak dekat secara senyap dan cepat, dengan tetap menggunakan prosedur berkomunikasi yang rahasia, " kata Lewis, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, (11/10)

Lewis juga menambahkan,  bahwa kemampuan yang dilatihkan pada latihan fashing exercise adalah kecepatan dan ketepatan pengiriman berita oleh personel pengawak komunikasi KRI sesuai dengan perintah Komandan Guspurla Koarmada II Laksma Rahmat Eko Rahardjo.

Sementara itu Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan berharapk kepadas prajurit jajaran Koarmada II baik di pangkalan maupun yang sedang melaksanakan misi operasi, agar dalam setiap melaksanakan kegiatan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19.