Tiga Rumah Kasun Jetak Ludes Terbakar

Puing rumah yang terbakar
Puing rumah yang terbakar

Tiga rumah semi permanen berbahan kayu jati luluh lantak terbakar hingga menyisakan puing. Rumah tersebut milik Sunarto (48) Kepala Dusun (Kasun) Jetak, Desa Selopuro, Kecamatan Pitu, Ngawi.


Dari keterangan yang dihimpun, Sabtu (17/10) awal kebakaran terjadi sekitar pukul 01.00 WIB, Sabtu dini hari. Saat itu Tinik (39) istri Sunarto terbangun ketika mendengar suara gemertak dari samping rumah tempat usaha meubeler miliknya.

Kaget bukan kepalang ternyata api sudah membumbung tinggi disertai ledakan yang diduga dari tabung LPG yang tersambar api dan meledak. Oleh warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Sayang api terus merembet ke bangunan rumah lainya. 

"Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 04.00 WIB pagi tadi setelah melibatkan petugas pemadam kebakaran. Saat ini petugas indentifikasi melakukan olah TKP," kata Kapolsek Pitu, Iptu Karno  kepada Kantor Berita RMOL Jatim.

Hasil penyelidikan sementara memang patut diduga kuat penyebab kebakaran dari arus pendek listrik. Karno melanjutkan, kobaran api sulit dikendalikan mengingat titik awal api dari tempat meubel. Kemudian menyambar bangunan rumah lainya. Dari kejadian itu beberapa perabotan rumah tangga ikut ludes terbakar.

"Rumah milik korban ini ada lima bangunan dan kini hanya dua bangunan yang bisa diselamatkan. Sehingga yang terbakar tiga bangunan rumah," jelasnya.

Estimasi kerugian akibat kebakaran setelah dihitung pungkas Kapolsek Pitu, mencapai Rp 800 juta. Untuk mengetahui secara persis penyebab kebakaran pihaknya terus memeriksa saksi demikian juga barang bukti yang ada.