Kejari Madiun Bikin Program Baru ‘Jaksa Masuk Sekolah’ Melalui Podcast

Kasi Intel Kejari Kabupaten Madiun Arief Fatchurrohman saat podcast program Jaksa Masuk Sekolah/RMOLJatim
Kasi Intel Kejari Kabupaten Madiun Arief Fatchurrohman saat podcast program Jaksa Masuk Sekolah/RMOLJatim

Kejaksaan Negeri Madiun membuat inovasi baru di tengah pandemi Covid-19. Agar program “Jaksa Masuk Sekolah” bisa tersosialisasikan dan dinikmati para siswa di Kabupaten Madiun, Korps Adhiyaksa itu menggunakan podcast untuk penyuluhan.


Melalui podcast, Kejari Madiun melakukan penyuluhan hukum kepada siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan Kabupaten Madiun. Di antaranya tentang bahaya bullying atau perundungan, undang-undang ITE dan bahaya narkoba. 

"Karena masih dalam kondisi seperti ini, agar program jaksa masuk sekolah tetap berjalan kami mencoba mencari terobosan supaya tetap bisa untuk melakukan sosialisasi. Maka kita mencoba podcast ini secara daring dan hari ini perdana tanpa diduga sambutannya luar biasa," terang Kasi Intel Kejari Kabupaten Madiun Arief Fatchurrohman, Kamis (11/2).

Sekedar diketahui, program “Jaksa Masuk Sekolah” ini merupakan program dari bidang intelejen Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun. 

"Ke depan kita akan pakai podcast lagi lah untuk mensosialisasikan program jadi bukan hanya bidang saya terus. Mungkin ada penyuluhan dari bidang lain bisa dari bidang datun, pidsus dan sebagainya. Ini tadi juga persiapannya kurang maksimal. Kedepan akan kami persiapkan lagi," pungkas Arif.

Sementara itu, kepala sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan Sampun Hamdan mengaku senang dan tidak menduga pihak kejaksaan melakukan penyuluhan menggunakan podcast. 

Selain disukai, lanjut Sampun Handam, penyuluhan dengan menggunakan podcast merupakan terobosan bagus di kejaksaan. Program “Jaksa Masuk Sekolah” bisa berjalan tanpa melupakan protokol kesehatan.

"Terobosan luar biasa ini, program Jaksa Masuk Sekolah tetap jalan dengan tidak mengabaikan Prokes. Ke depan atau mungkin seterusnya penyuluhan seperti ini bisa dilaksanakan terus," kata Hamdan.

Kasi Intel Kejari Kabupaten Madiun Arief Fatchurrohman saat podcast program Jaksa Masuk Sekolah/Repro