Penetapan YesBro sebagai Pemenang Pilkada Lamongan, Tak Dihadiri Kandidat yang Kalah

Bupati Lamongan Terpilih  Pilkada ( Yuhrohnur Efendi dan Abdul Rouf
Bupati Lamongan Terpilih  Pilkada ( Yuhrohnur Efendi dan Abdul Rouf

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan akhirnya menetapkan pasangan calon (Paslon) Yuhronur Efendi dan KH Abdul Rouf sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lamongan terpilih pada Pilkada 2020. 


Penetapan dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi menolak seluruh gugatan sengketa Pilkada yang diajukan Paslon Bupati Suhandoyo Astiti Suwarni.

Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali mengatakan, setelah ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih maka seluruh tahapan Pilkada Lamongan pun sudah berakhir. Sementara untuk pelantikan pasangan YesBro ini sepenuhnya bukan menjadi wilayah KPU Lamongan.

"Hari ini di Kantor KPU Lamongan jalan Basuki Rahmat kami tetapkan Paslon Bupati Yuhronur-Abdul menjadi bupati terpilih selanjutnya berkas salinan penetapan ini kita akan serahkan kepada DPRD Lamongan untuk diusulkan dilakukan pelantikan," kata Mahrus Ali, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum,at (19/2)

Pelantikan bupati terpilih bukan menjadi rana KPU, maka pihaknya pun tidak tahu hari dan tanggal pelantikan bupati terpilih dilaksanakan. Namun sesuai surat yang dikirim Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pelantikan direncanakan dilaksanakan pada Minggu ke 4 di Bulan Februari.

"Tanggalnya kita tidak tahu, tapi sesuai surat dari Mendagri informasi yang kita terima Minggu ke 4 di Bulan ini," jelasnya.

Sementara dalam penetapan bupati terpilih, pasangan calon bupati lainnya yakni Suhandoyo-Astiti Suwarni dan Kartika Hidayati-Saim tidak hadir dalam rapat pleno KPU tersebut. Meski tidak hadir namun sejumlah tim sukses hadir dalam kegiatan tersebut.

"Tidak hadirnya kedua paslon bupati saat penetapan tidak merubah keputusan dan juga tidak mengubah hasil perolehan suara sebagaimana rekapitulasi sebelumnya," imbuhnya.

Seperti diketahui, hasil rekapitulasi paslon calon nomor urut 1 Suhandoyo - Astiti Suwarni memperoleh suara sebanyak 296.667 suara, nomor urut 2 Yuhronur Efendi mendapatkan 336.154 suara atau 42,54 persen dan pasangan calon nomor urut 3 hanya mendapatkan 157.296 suara atau 19,90 persen. Sementara jumlah suara sah sebesar 790.117, suara tidak sah 14.444 suara.


ikuti update rmoljatim di google news