Penetapan 260 Bacakades Digelar 18 Maret, Dijaga Ketat TNI-Polri

Foto ilustrasi/RMOLJatim
Foto ilustrasi/RMOLJatim

Para pemenang kepala desa di 62 desa se Kabupaten Probolinggo, akan ditetapkan atau diverifikasi pada pertengahan bulan Maret 2021. Para bakal calon kepala desa (Bacakades) ada 260 orang pendaftar.


“Verifikasinya pada 260 Bacakades akan kami gelar pada 18 Maret 2021 mendatang,” jelas, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo, Hartono, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (26/2).

Menurutnya, dalam tahap verifikasi itu, nantinya panitia akan mengecek seluruh berkas yang terkumpul. Salah satunya keabsahan ijazah Bacakades.

“Panitia akan mendatangi lembaga yang melegalisasi ijazah Bacakades, untuk menentukan apakah ijazah tersebut asli dikeluarkan oleh lembaga tersebut atau tidak termasuk keterangan dari pengadilan,” kata Hartono.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia  Pilkades tingkat kabupaten, Ugas Irwanto mengatakan, dalam penetapan Calon Pilkades nantinya, akan di jaga oleh aparat keamanan baik dari TNI-Polri dan Satpol-PP. 

"Tanggal 18 Maret 2021, desa-desa yang menyelenggarakan Pilkades akan di jaga ketat oleh aparat keamanan TNI-Polri," jelas Ugas.

Hal itu dilakukan, agar Pilkades di Kabupaten Probolinggo tetao aman dan kondusif. Apalagi, ditengah pandemi Covid-19 ini.

"Selanjutnya kita jaga ketat, karena masih dalam kondisi Pandemi Covid-19," tandasnya.