Sandiaga Uno Ingin Budaya Lokal Sulawesi Utara Sambut Kedatangan Wisatawan di Bandara Sam Ratulangi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno/Net
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno/Net

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyiapkan sejumlah langkah strategis dalam mengembangkan pariwisata di Sulawesi Utara. 


Hal itu diungkapkan Sandiaga Uno dalam Rapat Pimpinan di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang digelar pada Senin (8/3). 

Rapat digelar sebagai tindak lanjut dari kunjungan kerja yang dilakukan Sandiaga ke Sulawesi Utara akhir pekan lalu.

Dalam rapat pimpinan itu, Sandiaga menyampaikan keinginan untuk menonjolkan kebudayaan lokal serta beragam produk UMKM unggulan khas Sulawesi Utara di pintu gerbang kedatangan wisatawan. 

"Begitu tiba di Manado, di Bandara Sam Ratulangi, kami ingin nuansa khas Sulawesi Utara lebih terasa. Bisa dicontoh Bali dengan Bandara Ngurah Rai," kata Sandiaga dalam keterangannya seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (9/3). 

"Pamerkan beragam produk UMKM ekonomi kreatif lokal dan juga alunan musik kolintang yang sedang didorong untuk jadi warisan budaya UNESCO," imbuhnya.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan, Kemenparekraf ingin memastikan UMKM melakukan adaptasi teknologi dan digital agar masuk ke ekosistem ekonomi marketplace dan ekonomi zaman now.

Sementara itu terkait pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Pulisan, harus terintegrasi dengan desa wisata serta melibatkan seluruh masyarakatnya dan juga dunia usaha.

"Semua stakeholder harus berkolaborasi untuk pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif, membuka lapangan kerja seluas-luasnya," demikian Sandiaga.