Bupati Jember Paparkan Program Strategis ke Wakil Ketua DPR

Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel/Ist
Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel/Ist

Kunjungan kerja Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel ke Kabupaten Jember, mendapat sambutan Bupati Hendy Siswanto dan Wabup MB Firjaun. 


Kehadiran mantan menteri perdagangan ini diterima bupati di Pendopo Wahya Wibawagraha, Kamis (18/3). 

Tampak hadir dalam acara di antaranya jajaran Forkopimda, beberapa Kepala OPD dan Staf Ahli di lingkungan Pemkab Jember. Termasuk dalam undangan adalah elemen kepartaian dari Partai Nasdem.

Bupati Hendy Siswanto berharap ada kerjasama sinergis dengan pusat termasuk dengan pihak DPR RI untuk mendorong peningkatan sektor ekonomi daerah melalui pembangunan infrastruktur yang terintegrasi.

“Kami memiliki banyak sumber daya, baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang menjadi potensi untuk dikembangkan,” ucap Bupati Hendy dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (18/3).

Hendy lantas memaparkan program strategis Pemkab Jember. Di antaranya adalah Jember Outer Ring Road, pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (K.E.K), serta pengembangan kawasan wisata berkelanjutan berbasis laut dan hutan. Jember ini ibarat berlian di khatulistiwa yang perlu sentuhan sinergi dan kolaborasi. 

"Kami mohon arahan dan bimbingan dari Bapak Rachmat Gobel yang memiliki segudang pengalaman dan pemahaman terkait pembangunan ekonomi,” pinta Hendy. 

Sementara itu, Rachmat Gobel memberikan apresiasi atas sambutan luar biasa yang diberikan oleh Bupati Hendy Siswanto dan Wabup MB Firjaun Barlaman. 

Ia juga menyampaikan bahwa kedatangannya ke Jember dengan mengajak rombongan dari Jakarta semata-mata untuk dapat melihat langsung dan memotret pembangunan di daerah. Dia meminta bupati untuk segera menyusun draft program agar bisa saya sinergikan dengan program-program yang ada di DPR.

"Sudah saya sampaikan kepada bupati, pertama yang saya dorong adalah ekonomi kerakyatan. Yaitu memberdayakan UMKM, yang jumlahnya sekitar 11 ribu orang. Kita berdayakan Tinggal kita naikkan tingkat UMKM", katanya. 

Selain itu adalah program kesehatan dan pendidikan. Program kesehatan terutama ditengah pandemi Covid-19, menjadi hal yang sangat penting. Termasuk juga infrastruktur.  

"Namun untuk infrastruktur, menjadi kebutuhan semua daerah di Indonesia. Sehingga perlu skala prioritas, yang mana yang akan didahulukan", ujar racmat. 

Dia juga menjelaskan, kabupaten juga sudah memiliki modal besar, yakni punya Jember Fashion Carnaval (JFC), yang satu-satunya di Indonesia dan sudah mendunia. Selain itu, punya pusat penelitian kopi dan kakao. Bahkan punya produk kopi ciri khas perkebunan Jember, kopi Rengganis.

"Hal seperti ini seperti bermain catur, mana yang didorong terlebih dahulu. Sebab, Jember sudah memiliki banyak potensi, tinggal kita naikin saja," imbuhnya. 

Acara ini turut dimeriahkan oleh  sajian tari kreasi dari sanggar lokal serta performance Jember Fashion Carnaval (JFC) dan produk-produk lokal UMKM Jember.