Buaya Air Tawar Ditemukan Berkeliaran Di Sawah Warga

petugas Damkar saat mengevakuasi buaya di sawah warga/RMOLJatim
petugas Damkar saat mengevakuasi buaya di sawah warga/RMOLJatim

Petani Desa Jono, Kecamatan, Temayang, Kabupaten Bojonegoro dikagetkan dengan kemunculan seekor buaya air tawar atau crocodylus novaeguinae di tengah sawah, Rabu (24/3).


Sontak, Penemuan buaya tersebut  membuat geger masyarakat setempat dan akhirnya dilaporkan ke petugas Dinas Pemadam Kebakaran setempat.

"Benar mas ada salah seorang warga yang menemukan seekor buaya kemudian warga melaporkan kepada kami," kata Kepala Bidang (Kabid) Pemadaman dan Penyelamatan, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro, Ahmad Adi Winarto kepada Kantor Berita  RMOLJatim, Rabu (24/3).

Adi mengaku, buaya yang ditemukan warga tersebut belum tahu apakah buaya liar atau buat peliharaan yang sengaja dibuang oleh pemiliknya di sawah. Namun dari hasil ciri-ciri buaya tersebut kemungkinan besar buaya tersebut merupakan buaya peliharaan warga.

"Pada saat kita tangkap buayanya nurut kok mas dan lokasi ditemukannya buaya juga jauh dari Sungai Bengawan Solo," ungkapnya.

Meski begitu, Adi tetap meminta kepada masyarakat setempat agar tetap waspada dan hati-hati saat beraktivitas di sawah.

"Setelah kita temukan buaya ini nanti akan kita serahkan ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bojonegoro agar selanjutnya anakan buaya ini bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut," pungkasnya.


ikuti update rmoljatim di google news