Perubahan di Dapil Jatim XII! 3 Petahana Bertahan, Sisanya Wajah Baru

ilustrasi kantor DPRD Jatim/ist
ilustrasi kantor DPRD Jatim/ist

Penghitungan manual hasil final Pemilu 2024 untuk DPRD Provinsi Dapil Jatim XII telah selesai dilakukan oleh KPU di tingkat Provinsi. Dapil yang meliputi wilayah Kabupaten Bojonegoro dan Tuban ini pun telah menetapkan 7 orang yang akan mengisi kursi DPRD Jawa Timur untuk periode 2024-2029.


Berdasarkan hasil rekap perolehan suara menggunakan sistem sainte lague, PKB menjadi pemenang Pemilu di Dapil Jatim XII untuk kursi DPRD Provinsi Jawa Timur. PKB meraih total 368.040 suara disusul Partai Golkar 286.702 suara. Hasil tersebut menempatkan dua partai itu meraih dua kursi.

Sedangkan tiga partai lainnya hanya satu kursi. Diantaranya adalah PDI-P, Gerindra dan Demokrat.

Kursi Pertama PKB diraih incumbent Fauzan Fuadi dan pendatang baru Muhammad Mughni. Sedangkan dari Partai Golkar ada pendatang baru cantik jelita bernama Aulia Hany Mustikasari serta incumbent Fredy Purnomo.

Kursi dari PDI-P diraih Oni Setiawan. Sedangkan dari Gerindra diraih incumbent Budiono yang kembali lolos meskipun ditempatkan di nomer urut tiga. Kemudian dari Partai Demokrat ada pendatang baru Sri Wahyuni.

Dengan demikian di Dapil Bojonegoro Tuban ini ada 4 anggota DPRD Jawa Timur pendatang baru dan 3 Anggota DPRD Jatim incumbent yang berhasil lolos lagi.  Tujuh Anggota yang lolos dari Dapil Jatim XII tersebut akan dilantik sebagai anggota DPRD Jatim periode 2024-2029 pada 31 Agustus 2024 mendatang.