Bupati Garut Belajar Program Kampung Iklim di Kabupaten Probolinggo

Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan Bupati Garut Rudy Gunawan saat di pendopo Kabupaten Probolinggo/Ist
Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan Bupati Garut Rudy Gunawan saat di pendopo Kabupaten Probolinggo/Ist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut Provinsi Jawa Barat, studi Program Kampung Iklim (Proklim) ke Pemkab Probolinggo. Hal itu dilakukan, karena Proklim Kabupaten Probolinggo sudah memperoleh penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI


Rombongan yang dipimpin oleh Bupati Garut Rudy Gunawan ini disambut oleh Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo. 

Program kerja studi tiru Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat ini bermaksud menggali pengetahuan atas keberhasilan Proklim Kabupaten Probolinggo. Dimana pada saat itu Proklim Kabupaten Probolinggo sudah memperoleh penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. 

Bupati Garut Rudy Gunawan mengungkapkan, kalau Pemkab Garut tertarik dan ingin melakukan studi ke Pemkab Probolinggo.

“Tentunya kami beserta rombongan berkeinginan untuk belajar ke Kabupaten Probolinggo tentang Program Kampung Iklim (Proklim) agar nantinya ekosistem di daerah kami dapat terjaga dengan baik melalui Program Kampung Iklim (Proklim),” ungkapnya seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (26/3) sore.

Sementara Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sarimenjelaskan, kalau kegiatan ini merupakan sebagai bentuk untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang Program Kampung Iklim (Proklim) yang merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang telah diseriusi di tahun-tahun terakhir ini. 

“Atas upaya dan kerja keras semua, Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah membuahkan hasil hingga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk Program Kampung Iklim. Bahkan pada tahun 2019, saya sebagai Bupati Probolinggo mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai Pembina Proklim Terbaik Nasional,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, kuncinya itu sederhana, Proklim ini bukan hanya Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang bekerja didalamnya.

“Hal yang terpenting adalah bentuk kesadaran dan gotong royong antara masyarakat, Pemerintah Desa dan lintas sektoral,” jelasnya.

Bupati Tantri menambahkan Kampung Iklim di Kabupaten Probolinggo yang meraih penghargaan Trophy Proklim Utama Tahun 2020 adalah Desa Bermi Kecamatan Krucil. Penghargaan tersebut diserahkan secara virtual oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya. 

“Untuk penerima Sertifikat Proklim Utama Tahun 2020 di Kabupaten Probolinggo ada enam desa. Yakni, Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron, Desa Sebaung Kecamatan Gending, Desa Watupanjang Kecamatan Krucil, Desa Krejengan Kecamatan Krejengan, Desa Gading Wetan Kecamatan Gading dan Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan,” pungkasnya.


ikuti update rmoljatim di google news