Warga Miskin Di Kabupaten Probolinggo Akan Dapat Bantuan Sembako Dari Baznas, Nilainya Rp 375 Juta

Petugas Baznas menata tumpukan paket sembako di Gedung Islamic Center Kraksaan/RMOL Jatim
Petugas Baznas menata tumpukan paket sembako di Gedung Islamic Center Kraksaan/RMOL Jatim

Jelang bulan suci ramadhan 2021, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo menyalurkan sembako sebanyak 2.500 paket bagi kaum fuqoro masakin di 325 Desa dan 5 Kelurahan se-Kabupaten Probolinggo.


Pendistribusian paket sembako ini akan dimulai pada Senin depan (5/4), dengan melibatkan organisasi kemasyarakatan yang ada disetiap kecamatan. 

"Alhamdulillah, jelang datangnya bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah, Baznas Kabupaten Probolinggo melalui dana zakat menyalurkan 2.500 paket sembako bagi kaum fuqoro masakin yang ada di Kabupaten Probolinggo,” kata Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Ahmad Muzamil, kepada  Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (9/4).

Menurutnya, sembako ini memang sengaja diberikan pada awal bulan suci ramadhan dengan harapan bisa dibuat untuk persiapan dalam menjalankan ibadah puasa. 

“Dalam paket sembako ini, kami juga menyertakan kerupuk yang merupakan hasil binaan dari Baznas Kabupaten Probolinggo dalam pemberdayaan ekonomi ummat. Kami beli produk kerupuknya dan dimasukkan dalam paket sembako,” jelasnya.

Muzamil menerangkan, pembagian sembako ini sengaja diberikan pada awal bulan suci ramadhan, karena pada waktu bulan ramadhan nantinya ada pembagian zakat fitrah plus sembako kepada kaum fuqoro masakin.

“Jadi zakat fitrahnya berasal dari hasil pengumpulan ASN yang ada di Kabupaten Probolinggo. Sementara sembakonya disediakan oleh Baznas Kabupaten Probolinggo," terangnya.

"Tetapi yang jelas penerimanya berbeda dengan yang saat ini sudah mendapatkan sembako. Sehingga nantinya ada pemerataan, karena jumlah kaum fuqoro masakin di Kabupaten Probolinggo sangat banyak sekali,” sambungnya.

Dia juga menambahkan, pemberian paket sembako ini bertujuan untuk membantu meringankan para kaum dhuafa fakir dalam rangka mengadapi bulan suci ramadhan.

“Ini merupakan bagian dari program Kabupaten Probolinggo Peduli,” tegasnya.

Dengan adanya pemberian paket sembako ini Muzamil mengharapkan kepada para wajib pajak, terutama pada momentum bulan suci Ramadhan bisa menunaikan zakatnya kepada para kaum dhuafa di lingkungannya masing-masing.

“Salurkan zakatnya melalui Baznas Kabupaten Probolinggo, nantinya kami yang akan memfasilitasi dan menyalurkannya kepada kaum dhuafa fakir yang ada di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.

Dari informasi yang dihimpun, Teknis pendistribusian paket sembako tersebut akan dibagikan secara langsung ke masing-masing kaum fuqoro masakin. Dimana dalam setiap desa/kelurahan diambil 7 orang fuqoro masakin.

Dalam satu paket sembako tersebut berisi beras, minyak goreng, gula, biscuit, kecap, teh, kopi serta 2 jenis kerupuk. Jika dinominalkan jumlahnya mencapai Rp 150 ribu dengan total anggaran Rp 375 juta.