Bantuan Uang dan Sembako Masuk Pasca Gempa, Bupati Malang:  Harus Tepat Sasaran

Bupati Malang H.M. Sanusi/RMOLJatim
Bupati Malang H.M. Sanusi/RMOLJatim

Ragam bantuan telah Masuk ke Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Malang pasca musibah gempa bumi beberapa waktu lalu. Untuk bantuan berupa dana dan sembako, Bupati Malang, H.M Sanusi berpesan harus dikontrol ketat dan harus tepat sasaran.


"Banyak Bantuan yang sudah masuk ke Pemkab Malang. Dari bantuan yang berupa dana dan sembako tersebut, pengawasannya kami percayakan pada inspektorat untuk pengontrolannya harus ketat dan harus tepat sasaran. Sehingga harus terdata dengan teratur,” ungkap Sanusi saat ditemui di Hotel Savana Malang usai memberikan sambutan di salah satu kegiatannya, Senin (19/4).

Dalam kegiatan itu, Sanusi juga mengatakan, bahwa untuk seluruh SKPD termasuk lurah dan camat agar bersama saling bantu dan pantau.

“Dilibatkannya semua jajaran dari desa sampai Pemerintah Daerah supaya dapat saling kontrol dan mengingatkan, karena ini jumlahnya tak sedikit,” tutur pria yang akrab disebut Abah Sanusi tersebut.

Abah Sanusi menegaskan, apabila di tahapan penerimaan bantuan terjadi indikator penyelewengan, Sanusi berkomentar akan sepenuhnya menyerahkan ke LTH (Laporan Tutup Harian).

"Jika ada penyelewengan langsung ke LTH, Pemkab tidak ada kewenangan. Namun, sudah disampaikan kalau dana bantuan sosial dan APT dikorupsi maka ancaman hukumannya maksimal hukuman mati,” pungkasnya.