Dinas PUBM Kabupaten Malang Bakal Benahi Jembatan Ambrol di Dau Tahun 2024 ini

  Kepala Dinas PUBM Kabupaten Malang, Khairul Isnaidi Kusuma/Ist
Kepala Dinas PUBM Kabupaten Malang, Khairul Isnaidi Kusuma/Ist

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) Kabupaten Malang bakal benahi jembatan yang ambrol di daerah Jalan Tirto Taruno, Landungsari, Kecamatan Dau di tahun 2024 ini. Demikian dikatakan oleh Kepala Dinas PUBM, Khairul Isnaidi Kusuma, kepada Kantor Berita RMOLJatim, Senin (01/04).


"Jembatan yang ambrol tersebut akan kita tangani dengan rekonstruksi ulang di Tahun 2024 ini. Dilakukan rekontruksi ulang, tujuannya agar lebih aman," ujarnya. 

Kemudian Khairul juga menjelaskan, untuk memperbaiki jembatan yang ambrol itu disiapkan anggaran APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Tahun 2024 senilai Rp 650 juta. 

"Anggaran yang kita siapkan senilai Rp 650 juta di Tahun Anggaran 2024 ini. Saat ini telah proses lelang atau tender. Proses lelang itu sendiri memerlukan waktu kurang lebih 1 bulan di sistem atau LPSE. Dengan begitu pengerjaan akan dimulai Bulan Mei," tandasnya pria khas berkacamata tersebut. 

Ia juga menyampaikan, jembatan yang ambrol itu penanganan tidak dapat dilakukan dengan hanya pemeliharaan rutin. Pasalnya, diikhawatirkan membahayakan masyarakat.

"Kalau dilakukan hanya pemeliharaan rutin dapat membahayakan masyarakat atau pengguna jalan. Sehingga perlu untuk direkonstruksi, agar jembatan itu benar-benar kuat dan aman. Intinya, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan dasar di bidang infrastruktur kepada masyarakat," pungkasnya. 

Sekedar informasi, jembatan yang ambrol di daerah Jalan Tirto Taruno, Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang itu diketahui pada akhir Tahun 2023. Dimana terdapat lubang yang mengaga sekitar 2,5 meter dan membahayakan masyarakat.