Sandiaga Uno Siapkan Indonesia Spice Up The World Agar Rendang Dikenal Dunia 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno/Net
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno/Net

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno tengah menyiapkan program Indonesia Spice Up The World atau program memperkenalkan produk-produk kuliner Indonesia kepada dunia. 


Ada beragam produk kuliner unggulan nusantara, salah satunya rendang, yang bakal dipromosikan Sandiaga ke seluruh dunia menggunakan konsep Indonesia Incorporated.

"Saya diperintahkan langsung oleh Pak Menkomarves, Pak Luhut, untuk menyiapkan Indonesia Spice Up The World dan salah satu produk yang akan kita dorong dalam konsep Indonesia Incorporated adalah rendang," kata Sandiaga dalam keterangannya seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL, Senin (25/4).

Sandiaga mengatakan, penetapan rendang sebagai produk unggulan kuliner Indonesia yang akan dikenalkan ke seluruh dunia adalah langkah konkrit pemerintah dalam membangkitkan ekonomi kreatif pasca pandemi. 

Upaya lainnya, lanjut Sandiaga, Kemenparekraf akan menyiapkan segala value chain agar produk kuliner khas Minangkabau itu memiliki nilai tambah. 

Di antaranya, kata dia, melibatkan diaspora Indonesia untuk mempromosikan rendang, hingga memberikan subsidi ongkos kirim bagi restoran-restoran Indonesia di luar negeri yang memasok rendang.

"Bukan hanya 480 ton rendang untuk kebutuhan haji, tapi nanti seluruh diaspora Indonesia akan diberikan insentif, seluruh restoran Indonesia di luar negeri akan diberikan paket pengiriman yang sudah disubsidi oleh pemerintah agar rendang-rendang produksi UMKM kita bisa mendunia," demikian Sandiaga.


ikuti update rmoljatim di google news